SOSIALISASI URGENSI KEBUTUHAN INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 122374 PEMATANGSIANTAR
Kata Kunci:
Inovasi Pendidikan, Revolusi IndustriAbstrak
Revolusi Industri 4.0 banyak membawa perubahan dalam kehidupan manusia. Revolusi Industri 4.0 secara fundamental telah mengubah cara beraktivitas manusia dan memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia kerja. Pengaruh positif industri 4.0 adalah berupa efektifitas dan efisiensi sumber daya dan biaya produksi meskipun memang berdampak pada pengurangan lapangan pekerjaan. Namun di sisi lain revolusi industri 4.0 juga memuat tantangan yang tidak mudah bagi manusia, seperti tantangan ekonomi, tantangan sosial, tantangan teknis, tantangan lingkungan, dan tantangan politik dan aturan. Oleh karena itu setiap organisasi maupun pribadi harus peka dan responsif terhadap perubahan tersebut sehingga tidak digilas oleh perubahan itu sendiri. Justru sebaliknya mampu memberdayakan perubahan yang ada untuk mempermudah kehidupannya. Berkaitan dengan paparan di atas, pendidikan tidak boleh statis, akan tetapi pelaku pendidikan harus mampu mendisain bukan hanya perubahan individu namun sekaligus perubahan masyarakat dan bangsa secara komprehensif serta berkelanjutan. Untuk melakukan perubahan kepribadian warga negara yang berbudaya dan mengkonstruk formulasi kebudayaan secara komprehensif, maka diperlukan upaya pembaharuan pendidikan dan pembelajaran yang benar-benar menyentuh esensi kebudayaan masyarakat dan bangsa yang dalam hal ini tim pengabdi telah memberikan sosialisasi kepada guru-guru yang ada di SD Negeri 122374 Pematangsiantar tentang “Urgensi Kebutuhan Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran di SD pada Era Revolusi Industri 4.0” dengan hasil yang cukup signifikan dalam hal peningkatan kemajuan pendidikan khususnya bagi guru-guru SD Negeri 122374 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021.