PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIK DAN GAYA KEPEMIMPINAN BIROKRATIK TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SD NEGERI TANJUNG RAHU KABUPATEN PAKPAK BHARAT
Kata Kunci:
Gaya Kepemimpinan, Demokratik, Birokratik, Motivasi KerjaAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratik dan Gaya Kepemimpinan Birokratik Terhadap Motivasi Kerja Guru di SD Negeri Tanjung Rahu Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan sampel 19 orang. Alat yang digunakan adalah kuessioner. Seluruh kuessioner yang diujikan adalah valid dan reliabel. Penelitian ini bersifat deskriptif explanatory yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan kedudukan variable-variabel yang diteliti serta hubungan antara variable variabel. Koefisien gaya kepemimpinan demokratik memberikan nilai sebesar 0,787 yang berarti bahwa jika gaya kepemimpinan demokratik semakin baik dengan asumsi variabel lain tetap maka motivasi kerja guru akan mengalami peningkatan. Koefisien gaya kepemimpinan birokratik memberikan nilai sebesar 0,276 yang berarti bahwa jika gaya kepemimpinan birokratik semakin tinggi dengan asumsi variabel lain tetap maka motivasi kerja guru akan mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel bebas (Gaya Kepemimpinan Demokratik dan Gaya Kepemimpinan Birokratik) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel terikat (Motivasi Kerja Guru), Analisis regresi digunakan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh secara parsial variabel bebas terhadap variabel terikat.Disarankan bagi kepala SD Negeri Tanjung Rahu Kabupaten Pakpak Bharat tersebut harus tetap memberi dorongan yang kuat kepada para guru dalam mencapai tujuan, meningkatkan semangat kerja, mencibtakan inisiatif dan kreativitas, serta memberi pemahaman agar semua guru memiliki rasa tanggung jawab.