Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Karakter Siswa di SMP Negeri 2 Tapian Dolok
Kata Kunci:
Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Karakter SiswaAbstrak
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepriabdian Guru terhadap Karakter Siswa Kelas VII. Jumlah pernyataan setiap variabel yang digunakan sebanyak 10 dengan sampel 64 siswa kelas VII SMP. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah Pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, maka model regresi yang digunakan adalah uji regresi linear berganda dengan uji F. Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepriabdian Guru terhadap Karakter Siswa berdistribusi normal dimana tingkat signifikansi 0,200 > 0,05. Berdasarkan uji regresi linear berganda maka peneliti memperoleh nilai sig 0,000< 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima H0 ditolak berarti terdapat pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y dengan nilai R Square sebesar 0,760 maka besarnya pengaruh X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 0,760 atau 76%.