Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Swasta Teladan Tanah Jawa
Kata Kunci:
Gadget, Kewirausahaan, Prestasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Gadget terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKR di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Populasi yaitu siswa kelas XI TKR di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa Tahun Ajaran 2020/2021 sejumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis linier sederhana, linieritas regresi dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian bahwa penggunaan Gadget efektif dalam meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI TKR di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa Tahun Ajaran 2020/2021 sebesar Y= 72,845 + 200 X. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (r2 ) diperoleh sebesar 0,600 yang berarti diketahui bahwa 60 % penggunaan Gadget efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan.