Pengaruh Kesiapan Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta Teladan Tanah Jawa
Kata Kunci:
Kesiapan Belajar, Lingkungan Sekolah, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kesiapan Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta Teladan Tanah Jawa Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis dan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian adalah 38 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (Angket). Instrument penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas.Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian bahwa adanya pengaruh Kesiapan Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar sebesar Ŷ = 81,138 + 0,012X1 – 0,018X2. Hasil uji Koefisien Determinasi menunjukkan kontribusi Kesiapan Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama memberikan hubungan dengan Hasil Belajar sebesar 1,8% Sedangkan sisanya sebesar 98,2 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang berada di luar analisa penelitian.