Peranan Guru Sebagai Motivator dan Teman Sebaya Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar
Kata Kunci:
Motivator, Teman Sebaya, Prestasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peranan guru sebagai motivator dan teman sebaya terhadap prestasi belajar Kelas II SD Negeri Tanjung Rahu Kabupaten Pakpak Bharat Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas II sejumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner (angket). Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi (r2 ). Hasil penelitian bahwa peranan guru sebagai motivator dan teman sebaya terhadap prestasi belajar Y = 92,573+96,341X1+0,013X2. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (r2 ) diperoleh sebesar 0,016 yang berarti diketahui 1,6 % yang mempengaruhi peranan guru sebagai motivator dan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa.