https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/issue/feed Prosiding Seminar Nasional 2021-12-09T17:30:23+00:00 Open Journal Systems <p>Prosiding Seminar Nasional merupakan jurnal tahunan yang dikeluarkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.</p> https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/2 Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 091263 Karang Sari 2021-06-25T08:43:39+00:00 Marentina Inggrid Sinaga Marentina9naga@gmail.com Ramaya Lingga mayalingga@gmail.com Diwara Ayunda diwaraayunda243@gmail.com <p>Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua Siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 091263 Karang Sari yang berjumlah 24 orang sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data adalah Observasi dan angket terhadap keaktifan belajar siswa. Dan observasi terhadap kegiatan mengajar guru. Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada siklus I dengan kategori sedang 4,17%, kategori tinggi 83,30%, dan kategori sangat tinggi 12,50%.&nbsp; Kemudian meningkat pada siklus II dengan persentasi kategori tinggi 4,17% dan kategori sangat tinggi 95,83%.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/1 Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) Secara Luring Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas 5 SDN 101941 Melati 2021-06-25T08:17:06+00:00 Fadhillatu Jahra Sinaga fadhillasinaga8@gmail.com <p>Dasar penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvesional dan hasil belajar siswa dengan metode <em>Problem Based Learning</em> secara luring di SDN 101941 Melati, serta Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah secara luring pada hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn Kelas 5 SDN 101941. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif eksperimental, dengan rancangan penelitian <em>quasi eksperimen,</em> dimulai memberikan pre-test dan post-test. Hasil yang didapatkan setelah penelitian dilakukan di Kelas 5 SDN 101941 Melati menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah untuk siswa secara luring dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dimasa pandemi covid -19. Peningkatan prestasi belajar siswa jenis ini diperoleh dari nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 85,43 setelah menjawab soal tes, sedangkan perolehan &nbsp;nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 74,17.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/7 Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar PPKN di Kelas V Sdn 013841 Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane 2021-06-25T11:41:38+00:00 Farida Suri faridasurifada@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1.) Hasil Belajar PPKn Siswa pada masa pandemi covid 19 dengan menggunakan Model Konvensional di sekolah SD Negeri 013841 Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane, 2.) Hasil Belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran SAVI pada masa pandemi covid 19 di kelas V sekolah SD Negeri 013841 Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane., 3.) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (<em>Somatic, Auditory, Visual, Intelectual</em>) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa di kelas sekolah SD Negeri 013841 Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian <em>quasi eksperimental desain (non equivalent control group design)</em> dengan kegiatan <em>pretest</em> dan <em>posttest</em><em>.</em> Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas&nbsp; eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-<sub>A</sub> sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa, dan kelas V-<sub>B</sub> sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak&nbsp; 24 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 013841 Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran SAVI (<em>Somatic, Auditory, Visual, Intelectual</em>) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI adalah 85,43 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 74,17. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig. (2.tailed) &lt; 0,05 (0,00 &lt; 0,05).</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/6 Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas V SDN Meunuang Kinco 2021-06-25T11:33:08+00:00 Dedi Hidayat dedihidayat525@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1.) Hasil Belajar IPS di SDN Meunuang Kinco; 2.) Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPS kelas V SDN Meunuang Kinco. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen, dengan desain penelitian <em>quasi eksperimental desain (non equivalent control group design) </em>dengan kegiatan <em>pretest </em>dan <em>posttest</em>. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SDN Meunuang Kinco menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual adalah 83,33 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 76,33. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig.(2.tailed) &lt; 0,05 (0,00 &lt; 0,05).</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/4 Penerapan Media Kartu Kosakata dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 095135 Sipolha Horison 2021-06-25T11:09:38+00:00 Asnita Hasibuan Asnita103hasibuan@gmail.com Nancy Angelia Purba nancypurba27@gmail.com Emilia Girsang emiliagirsang1999@gmail.com Johan R. Matondang johanrainal.123@gmail.com <p>Tujuan penelitian&nbsp; ini adalah&nbsp; (1) untuk mengetahui bagaimana peningkatan&nbsp; kemampuan berbicara dengan media kartu kosakata pada siswa kelas IV SD Negeri 095135 tahun pembelajaran 2020/2021; (2) untuk mengetahui bentuk perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan media kartu kosakata: (3) untuk mengetahui kendala dan hasil yang diperoleh dari pembelajaran berbicara dengan menggunakan&nbsp; media kartu kosakata, terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian&nbsp; berupaya mengkaji&nbsp; lebih dalam mengenai peningkatan dari hasil belajar kemampuan berbicara dengan media kartu kosakata dalam pembelajarn bahasa indonesia, yang bertujuan untuk membantu siswa menuangkan ide dan gagasan dengan baik. Dalam penelitian ini juga menggunakan 2 (dua) siklus yang dimulai pada bulan Februari sampai bulan Mei 2021. Dari hasil kegiatan pembelajaran dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) pembelajaran dengan menggunakan media kartu kosakata memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan berbicara ditandai dengan peningkatan berbicara siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I memperoleh rata-rata sebesar 66,25 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 80; (2) penerapan media kartu kosa kata dalam kemampuan berbicara mempunyai pengaruh positif, yaitu peserta didik mampu menuangkan dan mengutarakan ide, serta hasil nilai siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/3 Analisis Kesulitan Dosen dalam Penerapan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pendidikan Pembelajaran Tematik Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar T.A 2020/2021 2021-06-25T09:14:52+00:00 Restio Sidebang restiosidebang@gmail.com Rio Napitupulu napitupulurio7@gmail.com Hana Simaremare simaremarehana@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dosen selama pembelajaran daring pada mata kuliah Pembelajaran Tematik pada jurusan PGSD&nbsp; di Universitas HKBP Nommensen pematangsiantar T.A 2020/2021. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dosen kesulitan pembelajaran secara <em>online</em> terkait pembagian alokasi waktu mengajar, mengembangkan materi pembelajaran dan evaluasi&nbsp; karena masalah kekuatan&nbsp; jaringan internet disebabkan&nbsp; perbedaaan terkait daerah tempat tinggal mahasiswa/i yg berbeda. Dosen juga kesulitan dalam penilaian atau evaluasi dikarenakan penilaian yg diberikan tidak bisa diberikan dan diawasi secara langsung pada saat mahasiswa/i ketika sedang mengerjakan sehingga sulit diketahui hasil kerja mahasiswa dikerjakan secara mandiri atau plagiat. Bedasarkan permasalahan tersebut solusi yg diterapkan yaitu penggunaan aplikasi bandicam untuk membuat rekaman pembelajaran berbentuk video berisi penjelasan tentang materi yg wajib di download mahasiswa dan dapat diputar kapan saja. Terkait evaluasi dapat dilakukan dengan lisan dapat dilakukan dalam&nbsp; bentuk video dan rekaman suara yg ditugasskan kepada mahasiswa dan dikirim kepada dosen.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/5 Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Karakter di Kelas V SD Negeri 091524 Dan SD Negeri 091518 Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun 2021-06-25T11:23:36+00:00 Herna Jusnita Simamora hernajusnita@gmail.com Eva Pasaribu Pasaribueva32@gmail.com Icca Fransisika Sinaga iccasinaga28@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui&nbsp; (1) Rancangan&nbsp; guru tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidikan karakter, (2) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas, dan (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru-guru kelas V, Pembina Pramuka, dan Kepala&nbsp; Sekolah. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik&nbsp; observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun tahapan analisis datanya adalah&nbsp; reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil pelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidikan karakter di kelas V SD Negeri 091524 dan SD Negeri 091518,&nbsp; guru terlebih dahulu mengelompokkan kompetensi yang akan dicapai setelah proses pembelajaran yaitu dengan menyusun silabus, mengembangkan materi standar dengan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya. Karakter yang akan dikembangkan dalam silabus, dan RPP diletakkan pada bagian “karakter siswa yang diharapkan.”&nbsp; Implementasi&nbsp; pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan hingga kegiatan penutup&nbsp; dijumpai penanaman karakter religius, santun, semangat kebangsaan,&nbsp; sikap mandiri, tanggung jawab, percaya diri dan kerjasama. Kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, olympiade dan seni tari dapat membentuk karakter keberanian, kerja sama, membentuk jiwa kepemimpinan, melatih siswa untuk bersikap mandiri dan kreatif.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/92 LITERACYCLOUD: ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENUJU ERA 5.0 2021-08-24T08:58:52+00:00 Selviana Napitupulu napitupuluselviana@yahoo.com Kisno d.shinoda85@gmail.com <p><em>Various sectors of life have changed drastically or slowly with the emergence of the Covid-19 pandemic. This change has also colored the disruption in the world of education. Distance Learning and Learning from Home emerged as other solutions to problems during the pandemic but were unable to solve all existing problems. This study aims to describe the good practice of using Literacycloud in various synchronous and asynchronous learning methods. This study uses a qualitative design with the type of content or document analysis. The documents analyzed are scientific journals that discuss Literacycloud. In addition, some documentation such as photos and videos become material which is then analyzed and interpreted to achieve the research objectives. The good practice of using Literacycloud learning media has proven to be an alternative solution in a humane and fun way. Participants in technical guidance or dissemination of a variety of fun reading experience an increase in knowledge. Many products in the form of USSR journals and the Reading Pyramid have been produced by teachers and parents of students. The use of Literacycloud and the application of a fun variety of reading makes teachers, parents, and students feel more confident and motivated to improve their reading literacy skills, thus supporting the National Literacy Movement and the success of the National Assessment.</em></p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/93 PENGARUH MEDIA GAWAI TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 091416 MASA PANDEMI COVID – 19 2021-08-24T09:35:47+00:00 Riki Saputra Saputrariki220@gmail.com Natalina Purba natalinapurba@aol.com Sukmawanty Nur Azizah sukmawnty@gmail.com Riza Mastita rizamastitaannur@gmail.com <p><em>The era of the Covid 19 pandemic has changed the teaching and learning process from the face-to-face stage at school to distance learning at home. This effort is to break the spread of covid 19. Ofcourse a means is needed to support an effective teaching and learning process, this study aims to see the influence of gawai learning media. on student learning in the Covid 19&nbsp; </em><em>pandemic era. The formulation of the problem in this study is to determine the effect of gawai learning media in the covid-19 pandemic era, The research was conducted on third grade students at SD Negeri 091416 Afd. I Bah Birong Ulu which will be held on April 26, 2021 until May 10, 2021. The methodology in this research is descriptive qualitative. By collecting data using observation, interviews&nbsp; </em><em>and documentation. From the research results, it was found that gawai learning media was very influential in the teaching and learning process in the pandemic era, and this is one of the effective media for distance learning as it is today, and the benefits that students get by using gawais a) as student learning media b). As an information center c). Adding student insight d) and tools to facilitate communication. And the obstacles faced by students a) students have to spend money to buy internet packages when studying b) students who do not have gawais c) students lack motivation when studying at home. The benefit of this research is to provide information on learning media using gawais which are very effective in the era of the Covid 19 pandemic.</em></p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/95 PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 091263 KARANG SARI 2021-08-31T03:11:47+00:00 Marentina Inggrid Sinaga Marentina9naga@gmail.com Juni Agus Simaremare simaremarejuniagus@gmail.com Ramaya Lingga mayalingga@gmail.com Diwara Ayunda diwaraayunda243@gmail.com <p><em>The problem in this study is the low activeness of students in social studies lessons. This study aims to improve student learning activity by applying a problem-based learning model. This type of research is Classroom Action Research which consists of two cycles with four stages, namely planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were the fifth grade students of SDN 091263 Karang Sari, totaling 24 people, while the object of this research was the effect of using discovery learning methods to improve student learning outcomes in Indonesian lessons. Data collection techniques are observations and questionnaires on student learning activities. And observation of teacher teaching activities. Based on the analysis of the data obtained in the first cycle, the medium category is 4.17%, the high category is 83.30%, and the very high category is 12.50%. Then it increased in the second cycle with the percentage of high category 4.17% and very high category 95.83%.</em></p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2020 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/97 PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV 2021-08-31T03:58:14+00:00 Nepti Damanik neptidamanik1@gmail.com Desi Sijabat desisijabat9@gmail.com Novita Panjaitan novitapanjaitanp@gmaill.com Rika Napitupulu rikanapitupulu53153@gmail.com <p>This study aims to increase student learning activity by applying a problem-based&nbsp; learning model. Data collection techniques are observations and questionnaires on student learning activities. Based on the analysis of the data obtained in the first cycle, the medium category is 4.17%, the high category is 83.30%, and the very high category is 12.50%. Then it increased in the second cycle with the percentage of high category 4.17% and very high category 95.83%. The conclusion of the research shows that the application of problem-based learning models can increase student learning activity in social studies subjects, economic activity material for fourth grade students at SDN 091434 Sait Buttu.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/98 PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD N 173601 ONAN BORBOR 2021-08-31T04:18:31+00:00 Bambang W. Pangaribuan Bambangpangarib02@gmail.com Emelda Emelda ThesalonikaThesalonika emeldathesalonika@gmail.com Yohana Br Siagian yohanasiagian250@gmail.com Erikson Sitanggang eriksonsitanggang53@gmail.com <p><em>The results of the study indicate that using the experimental method can improve students' learning mastery. In the first cycle the average observation of the teacher was 60 and increased in the second cycle to 86.25. While the results of observations of students in the first cycle had an average of 57.5 and increased in the second cycle by 85. Based on the research results obtained in the initial conditions or before being given action there were 34 students (87%) who had not finished studying and 5 people (13 % ) who finished studying with an average score of 55.51. In the first cycle there were 20 students (51%) who had not finished studying and 19 students (49%) who had finished studying with an average score of 69.35. In the second cycle there was an increase, namely: there were 36 students (92%) who finished studying and 3 students (8%) who had not finished studying with an average value of 80.25.</em></p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/99 PENGARUH MODEL TING TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SD SWASTA GKPS PULO HALI 2021-08-31T04:32:06+00:00 Tesa Lonika Barus Barustesa7@gmail.com Ben Gurion Purba Barustesa7@gmail.com <p><em>The purpose of this study is to improve student learning outcomes by using the Think Talk Write model on the theme of our friend's environment. The initial test data for learning outcomes obtained an average value of 52.61, where there were 4 students who had reached the level of mastery learning and the percentage of classical learning was only 19.05% or &lt;80%. classical and this is still relatively low and has not been successful for the student process. Therefore, improvements were made and the implementation of the first cycle of class action using the Think Talk Write learning model, the average value increased to 61.42, 11 students completed learning and the percentage of classical student learning outcomes was 52.4%. &lt; 80% and this also has not worked in the class action performed. Then the researcher continued and made improvements and implementations in the second cycle, the average value was 75.71, 19 students who had completed with the percentage of student learning completeness 90.48%&gt; 80%.</em></p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2020 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/102 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 091528 SILIGASON 2021-09-01T10:21:19+00:00 Dortana Sihotang Dortanasihotang9@gmail.com lisbet Novianti Sihombing lisbetsihombing@uhn.ac.id Defi Marlina Sinaga defi.marlina012@gmail.com Anisa Sirait anisasrt05@gmail.com <p>Rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 091528 Siligason pada pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana di kelas V SDN 091528 Siligason. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 091528 Siligason. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN yang berjumlah 33 orang, dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Di SD Negeri 091528 Siligason. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus di mana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Pesawat sederhana di Kelas V SD Negeri 091528 Siligason. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat merancang dan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/106 STRATEGI BELAJAR IPA BERBASIS PRODUK 2021-09-04T04:51:21+00:00 Mahdalena Mahdalena_85@yahoo.co.id <p>Dampak dari COVID-19 bagi pendidikan di Indonesia sangat berpengaruh, apalagi untuk siswa sekolah dasar Untuk belajar yang optimal.guru tentu saja harus siap untuk menggunakan strategi yang yang berbeda. Strategi belajar yang digunakan harus sesuai dengan materi, media serta platform yang sesuai. IPA merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang alam. Siswa diminta untuk mempelajari tentang fakta yang terjadi di alam. Proses pembelajaran IPA harus menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung oleh siswa agar dapat mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Karakteristik IPA adalah menumbuhkan keterampilan sains bagi siswa. Cara belajar berbasis produk mengembangkan keterampilan siswa dan merangsang siswa untuk aktif dan kreatif.Selain itu pembelajaran IPA diarahkan untuk memberi pengalaman langsung sehingga apat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitarnya.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/107 MODEL TYLER DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 2021-09-04T04:58:39+00:00 EKALIAS NOKA SITEPU ekanokasitepu@gmail.com <p>This study aims to analyze: (1) various evaluation difficulties during Covid-19 learning, (2) alternative tyler models in evaluating learning during the Covid-19 pandemic, and (3) obstacles faced in implementing the tyler model in learning evaluation. This research was conducted at SDN 155701 Pahieme 2, West Sorkam District, using qualitative research methods based on descriptive studies. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation studies. The results showed that some of these difficulties were: (1) Difficulty in determining the form of learning evaluation. (2) Difficult to map learning achievement indicators, (3) Difficult to apply the value of honesty. So to overcome these difficulties, teachers at SDN 155701 Pahieme 2, West Sorkam District innovate by designing and implementing the tyler model in evaluating learning during the Covid-19 pandemic, the tyler model is an evaluation model that emphasizes reviewing the objectives from the beginning of the activity and takes place continuously. . This model is applied to evaluate programs whose type of processing is in the form of learning. However, it is undeniable that in the application of this model there are several obstacles faced, namely: (1) Lack of enthusiasm from parents and students, (2) Lack of understanding of parents in the application of the Tyler model in learning evaluation, (3) Lack of cooperation between teachers and students. old.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/108 PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PADA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 157635 AEK DAKKA 2 2021-09-04T05:01:28+00:00 Dina Tania Ginting Donalsitohang73@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap sosial siswa dengan menggunakan Value Clarification Technique (VCT) pada pelajaran PKn dengan materi Daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN 167535 Aek Dakka 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa kelas IVA SD Negeri 167535 Aek Dakka 2. Objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan sikap sosial siswa pada pelajaran PKn. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data pada penelitian ini peneliti menggunakan angket dan lembar observasi penggunaan teknik pembelajaran serta keadaan lingkungan sekolah dan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan sikap sosial siswa pada Materi Daerah tempat tinggalku di Kelas IV SD Negeri 167535 Aek Dakka 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 9 orang siswa (45%) yang menunjukkan sikap sosial rendah, 7 orang (35%) yang menunjukkan sikap sosial pada tingkat sedang, dan hanya 4 orang (20%) yang menunjukkan sikap sosial tinggi. Pada siklus I terdapat 3 orang siswa (15%) yang menunjukkan sikap sosial rendah, 6 orang (30%) yang menunjukkan sikap sosial pada tingkat sedang, dan 11 orang (55%) yang menunjukkan sikap sosial tinggi. Dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu: tidak ada siswa (0%) yang menunjukkan sikap sosial rendah, kemudian 3 orang (15%) yang menunjukkan sikap sosial pada tingkat sedang, dan 17 orang (85%) yang menunjukkan sikap sosial tinggi.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/111 PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SECARA LURING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS 5 SDN 101941 MELATI 2021-09-04T05:22:12+00:00 Fadhillatu Jahra Sinaga fadhillasinaga8@gmail.com <p>The basis of this research is to determine student learning outcomes using conventional learning and student learning outcomes using the Problem Based Learning method offline at SDN 101941 Melati, as well as the effect of problem-based learning methods offline on student learning outcomes in the subjects of Civics Class 5 SDN 101941. This study included in experimental quantitative research, with a quasi-experimental research design, starting with giving pre-test and post-test. The results obtained after the study was conducted in Class 5 SDN 101941 Melati showed that the use of problem-based learning methods for students offline could have a positive impact on student learning outcomes during the covid -19 pandemic. The increase in student achievement of this type was obtained from the average score of the experimental class students of 85.43 after answering the test questions, while the acquisition of the average score of the control class students was 74.17.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/112 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN MEUNUANG KINCO 2021-09-04T05:29:14+00:00 Dedi Hidayat dedihidayat525@gmail.com <p>This study aims to determine: 1.) Social Studies Learning Outcomes at SDN Meunuang Kinco; 2.) The Effect of Audiovisual Learning Media on Social Studies Learning Outcomes for Class V SDN Meunuang Kinco. This research is an experimental quantitative research, with a quasi-experimental research design (non-equivalent control group design) with pretest and posttest activities. Based on research conducted in the fifth grade of SDN Meunuang Kinco, it shows that there is a significant effect of the application of audiovisual media on student learning outcomes in social studies subjects. This can be seen based on the average of student learning outcomes using audiovisual learning media is 83.33 while learning outcomes using conventional learning models are 76.33. Based on the results of the t test where obtained Sig.(2.tailed) &lt;0.05 (0.00 &lt;0.05).</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/113 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL) DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn DI KELAS V SDN 013841 SEI SILAU TIMUR KECAMATAN BUNTU PANE 2021-09-04T05:36:43+00:00 Farida Suri faridasurifada@gmail.com <p>The purpose of this study was to determine: 1.) Student Civic Education Learning Outcomes during the COVID-19 pandemic using the Conventional Model at SD Negeri 013841 Sei Silau Timur, Buntu Pane District, 2.) Student Learning Outcomes using the SAVI Learning Model during the pandemic covid 19 in class V of SD Negeri 013841 Sei Silau Timur, Buntu Pane District., 3.) The Influence of the SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Learning Model on Student Civic Education Learning Outcomes in the 013841 Sei Silau Timur District Elementary School, Buntu Pane District . Based on research conducted in the fifth grade of SD Negeri 013841 Sei Silau Timur, Buntu Pane District, it shows that there is a significant influence from the application of the SAVI learning model (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) on student learning outcomes in Civics subjects. This can be seen based on the average of student learning outcomes using the SAVI learning model is 85.43 while the learning outcomes using conventional learning models are 74.17. Based on the results of the t test where Sig. (2.tailed) &lt; 0.05 (0.00 &lt; 0.05).</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/114 PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET PADA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SD NEGERI 091597 TEGAL SARI 2021-09-04T05:41:57+00:00 Intan Tri Ayu intansitanggang06@gmail.com Sukardo Sitohang Sukardositohang123@gmail.com <p>Pada era pandemic COVID-19 sudah merubah proses belajar mengajar dari yang tadinya tatap muka di sekolah sekarang menjadi belajar jarak jauh di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 ini. Pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik; guru diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.aplikasi yang di gunakan dalam pembelajaran adalah google meet Penggunaan GoogleMeet, yang diminati siswa dan guru, tentunya mendukung pembelajaran online yang efektif selama pandemi COVID-19 dalam materi wujud benda, guru harus menyampaikan materi dengan baik agar siswa dapat memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan memahami penggunaan aplikasi GoogleMeet pada mata pelajaran IPA dengan materi wujud benda, dan keefektifan dalam pembelajaran menggunakan GoogleMeet.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi GoogleMeet pada pembelajaran daring IPA materi wujud benda yang dilakukan di SD Negeri 091597 Tegal Sari.Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa aplikasi GoogleMeet saat pembelajaran daring tergolong lebih efektif dengan persentase 53% dalam pembelajaran daring. Aplikasi Google Meet memiki kelebihan, yakni dapat membantu guru menjelaskan materi secara detail sehingga siswa lebih mudah memahami.Selain itu, juga dapat berdiskusi langsung dengan guru apabila terdapat hal-hal yang perlu dijelaskan lebih detail.Namun, Google Meet menuntut kestabilan jaringan internet sehingga ini menjadi tantangan yang harus diperhatikan oleh pengguna, baik guru maupun siswa.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/117 PERAN MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI KELAS V UPTD SPF SDN TELUK RUMBIA 2021-09-04T05:56:53+00:00 Irene Bethesda Aritonang irenbethesda@gmail.com Rudi Martin rudimartin7@gmail.com Wawan Akbar wawanakbar05@gmail.com <p>Kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi COVID-19 menimbulkan masalah baru bagi pendidikan anak khususnya di Sekolah Dasar. Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran telah mengalami perubahan yang drastis. Pembelajaran tidak lagi menggunakan pertemuan konvensional tatap muka, tetapi mulai diintegrasikan dengan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran mata pelajaran PPKn selama di dalam waktu pandemi di UPTD SPF SDN Teluk Rumbia dengan menggunakan metode blended learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Instrumen penelitian adalah siswa dan guru kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan metode blended learning. Teknik analisis data mengacu pada konsep Miles &amp; Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang baik antara guru, siswa, dan orang tua dapat mengatasi masalah dalam mengadaptasi metode blended learning pada saat pandemi. Penerapan metode blended learning dalam pembelajaran PPKn menuntut guru untuk kreatif dalam menyediakan platform pembelajaran bahasa Inggris berupa link YouTube, video atau powerpoint. Keaktifan siswa di Google Meet dan orang tua mendampingi siswa selama pembelajaran online sangat membantu kemajuan PJJ selama pandemi.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/118 PENERAPAN METODE DARING, LURING DAN HOME VISIT DI KELAS V UPT SPF SDN 106828 SUMBERJO DI MASA PANDEMI COVID-19 2021-09-06T07:49:32+00:00 Fadhlin Ade Candra Fadhlincandra@gmail.com <p>This study aims to apply online, offline, and home visit methods in class V UPT SPF SDN 106828 Sumberjo during the Covid-19 pandemic so that children do not lose their right to learn even though learning is done once a week. The research method used is a qualitative descriptive approach. This is because the descriptive qualitative approach is considered more effective in this study because this approach can be used to explore data in depth . The data collection method was obtained through interviews, observations, and documentation. The results of this study are the learning process using a combination of online, offline and home visit learning models during the Covid-19 pandemic can provide changes in the midst of not allowing face-to-face learning in schools as usual.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/119 PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 091484 JORLANG HATARAN KECAMATAN HATARAN 2021-09-06T08:04:52+00:00 Inde Crysanta indecrysanta@gmail.com Hetdy Sitio hetdysitio0@gmail.com Lasrida Lumban Batu lasridam@gmail.com Haposan Pasaribu haposanpasaribu128@gmail.com <p>The problem in this study is the low interest in learning of three grade students at SD 091484 Jorlang Hataran , Hataran district which was held on February 18 to march 3, 2020 . The formulation of the problem in this study is how the description of Student Interest in Class III of the Elementary School Jorlang Hataran , Hataran district and whether there is a significant influence on the application of Ice breaking on student learning interest. The purpose of this study was to describe the interest in learning for three grade students at SDN Jorlang Hataran , Hataran district, Regency, then to find out the picture of students' learning interest after applying ice breaking to three grade students at Jorlang Hataran Public Elementary School, and to determine the effect of ice breaking towards student learning interest. The research approach is a quantitative approach. The methodology in this research is descriptive qualitative. with data collection using observation, interviews and documentation . There are two research variables namely the independent variable (ice breaking) and the dependent variable (learning interest). The methodology in this research is descriptive qualitative with data collection using observation, interviews, and documentation. from research resultsThere are several benefits of doing ice breaking activities, including: is to eliminate boredom, boredom, anxiety, and fatigue, because it can temporarily get out of the lesson routine by doing free movement and cheerful activities, Based on some of these benefits, it is clear that ice violating can be an alternative to be used in learning so that learning is not monotonous and not boring for student.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/120 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS DARING MELALUI MEDIA WHATSAPP DI KELAS III SDN 091496 TANAH JAWA 2021-09-10T07:51:36+00:00 Lestari Syam Saragi lestarisyamsaragi@gmail.com D.Yuliana Sinaga debbyyuliana91@gmail.com Tri Oktafenesya toktafenesya@gmail.com Rani Judika Simanjuntak ranijudika2207@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis sistem melalui media Whatsapp, ditinjau dari faktor pendukung dan penghambat, upaya mengoptimalkan faktor pendukung, dan mengatasi faktor penghambat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 091496 Tanah Jawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis sistem online dengan memperhatikan kondisi siswa dan pertimbangan orang tua. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor pendukung yaitu minat belajar, pendampingan orang tua yang maksimal, ketersediaan handphone, kuota internet, dan jaringan yang stabil. Sedangkan faktor penghambatnya adalah malas belajar, pendampingan orang tua yang kurang maksimal, fasilitas handphone yang terbatas, kuota internet yang terbatas, dan jaringan yang tidak stabil. Upaya optimalisasi faktor pendukung adalah motivasi dan pendataan penyaluran bantuan kuota internet secara berkala. Upaya mengatasi faktor penghambat adalah motivasi dan pendampingan guru, antara orang tua dan siswa, serta peran masyarakat. Penelitian ini penting untuk meningkatkan pembelajaran selama pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini memiliki implikasi teoritis yaitu menambah wawasan tentang implementasi pembelajaran tematik berbasis daring melalui media whatsapp. Selain itu, implikasi praktis sebagai masukan bagi sekolah dan guru untuk memperbaiki kekurangan pembelajaran tematik berbasi daring pembelajaran tematikmelalui media whatsapp.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/121 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PENDEMI COVID-19 KELAS IV SDN 098145 2021-09-13T07:37:17+00:00 Lailany N.I Girsang Lailanygirsang88514@gmail.com Nancy Angelia Purba nancypurba27@gmail.com Yunita Sari yunitasari8008@gmail.com Cenia Cantri Purba ceniapurba49@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media aplikasi whatsApp terhadap hasil belajar siswa dimasa pendemi covid 19 kelas IV SDN 098145. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 098145 ajaran 2020/2021. Sampel yang diambil berjumlah 30 siswa dengan menggunakan populasi Sampilng. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment dan alpha cronbach’s. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung adalah 0,463, kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,297. Hal ini menunjukkan bahwa <em>rhitung &gt; rtabel </em>yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media whatsapp terhadap hasil belajar siswa dimasa pendemi covid 19 SDN 098145. Sementara itu, penggunaan media whatsapp berkontribusi sebesar 20% terhadap hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh penggunaan media aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada masa pendemi covid 19 dari hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif penggunaan media pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa pada masa pendemi covid 19.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/123 TRANSFIGURASI MEDIA PEMBELAJARAN MENUJU GENERASI MELEK DIGITAL 2021-09-13T07:49:56+00:00 Tri Arti Esianna Dabukke pgsduhkbpnp@gmail.com Risma Dame Silitonga pgsduhkbpnp@gmail.com Yuni Anaxtasya Manik pgsduhkbpnp@gmail.com Nova Natalia Sidabutar pgsduhkbpnp@gmail.com Liza Aronica Purba pgsduhkbpnp@gmail.com <p>Penelitian ini menjelaskan bahwa masa pandemi Covid 19 memberi dampak yang besar terhadap banyak negara, tak terkecuali Indonesia. Pandemi tersebut memberi dampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknya, seperti terjadinya trasfigurasi media pembelajaran. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Dengan solusi mengubah sistem media pembelajaran. Transfigurasi media pembelajaran sebelum terjadinya pandemi hingga pandemi mengharuskan peserta didik maupun guru sebagai pendidik mampu menguasai dan memahami penggunaan media pembelajaran daring. Media pembelajaran daring tersebut yaitu Whatsapp group, Google Classrom, Zoom, Ruang guru serta apalikasi belajar lainnya yang digunakan sebagai media pembelejaran daring. Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), Goodle Classroom, aplikasi zoom ataupun media lainnyasebagai media pembelajaran. Dengan demikian media pembelajaran berbasis online tersebut mampu membawa peserta didik maupun guru menjadi generasi melek digital dengan kecakapan dalam memanfaatkan transformasi teknologi digital. Pada 30 responden tentang aplikasi pembelajaran daring yang disukai oleh siswa diantaranya53% siswa menyukai penggunaan aplikasi Google Classroom, 21% siswa menyukai aplikasi Whatsapp, 16% siswa menyukai aplikasi Youtube, 7% siswa menyukai aplikasi instagram dan 3% siswa menyukai aplikasi Zoom. Bahwa inovasi pembelajaran menggunakan media online, siswa lebih banyak menyukai aplikasi Google karena dianggap mudah dan praktis digunakan. Selain itu, karena tidak terlalu banyak menyita pulsa kuota.Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perubahan media pembelajaran disekolah menjadi media pembelajaran Daring, dalam penelitian ini juga bertujuan untuk membantu pemahaman penggunaan fitur-fitur media pembelajaran Daring seperti Whatsapp group,Google Class Room,Zoom, Ruang Guru dan lainnya serta dapat mengetahui bahwa dengan berbagai media pembelajaran Daring seperti Whatsaap Group, Google Classroom, Zoom, Ruang Guru dan lainnya dapat membawa siswa maupun guru menjadi generasi yang melek digital.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/124 PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PASIR DI KELAS B TK IMMANUEL KIDS MEDAN 2021-09-13T08:02:58+00:00 Fortina Verawati Sianturi fortinaverawati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas menggambar anak dengan menggunakan media pasir. Perumusan masalah penelitian yang dilakukan yaitu apakah dengan menggunakan media pasir dapat meningkatkan kreativitas menggambar dan bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media pasir dapat meningkatkan kreativitas menggambar. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kreativitas anak melalui menggambar dengan menggunakan media pasir, mendiskripsikan aktivitas menggambar dengan menggunakan media pasir. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelas B TK Immanuel Kids Medan yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, percakapan, hasil karya, dokumentasi. Analisis pengumpulan data dilakukan dengan teknik hasil data dan catatan lapangan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam siklus ke dua terjadi peningkatan pembelajaran menggambar. Pada siklus satu menggambar dengan menggunakan media pasir mencapai ketuntasan 60%. Sedangkan pada siklus kedua kreativitas menggambar dengan media pasir meningkat dengan mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan media pasir dapat meningkatkan kreativitas menggambar anak.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/125 STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI DARING DAN LURING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR 2021-09-13T08:14:01+00:00 Chairun Nisyah Rambe chairunisyah6@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi Covid –19 di SD Negeri 106161 Laut Dendang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, observasi kepada kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru di SD Negeri 106161 Laut Dendang masa pandemi Corona/COVID-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid –19 meliputi 1) dilakukan dengan cara door to door atau guru mendatangi setiap rumah peserta didik. 2) siswa datang langsung ke sekolah untuk mengambil soal. 3) siswa masuk sekolah dengan jadwal bergantian saat pandemi.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/126 STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR 2021-09-13T08:24:27+00:00 Dwi Afrilia Dwiafrilia09@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam melaksanakan penilaian kelas pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 34/I Teratai pada bulan Januari sampai Februari 2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 hanya berfokus pada penilaian kognitif siswa, oleh karena itu guru memiliki strategi dalam melaksanakan pelajaran matematika agar dapat memberikan gambaran nyata tentang kemampuan siswa. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah (1) melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung. (2) Penilaian berdasarkan tugas harian siswa. (3) penilaian berdasarkan pengalaman siswa. (4) Mengacu pada nilai rapor semester sebelumnya. Pada masa pandemi Covid-19, guru bebas berada bersama siswanya, sehingga guru perlu memiliki strategi pembelajaran yang dapat membantu guru memberikan penilaian yang utuh yang merupakan gambaran kemampuan siswa yang sebenarnya. Hasil penelitian, bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi saat ini efektif untuk mengetahui kemampuan siswa yang sebenarnya, mengingat tugas yang diberikan guru melalui pembelajaran jarak jauh tidak dilakukan oleh siswa sendiri, tetapi dapat juga dilakukan oleh siswa.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/127 STRATEGI GURU MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMIC COVID-19 SDN 054871 KW.BEGUMIT 2021-09-13T08:29:34+00:00 Ficha Aulia Nanda, S.Pd,. M.Pd fichampd@gmail.com Chintani Sihombing,S.Pd.,M.Pd cintani03@gmail.com <p>Perubahan pola pembelajaran saat ini terlihat masif dilakukan disemua jenjang pendidikan akibat pandemi covid-19. Dalam penelitian ini sangat Penting strategi guru dalam proses pembelajaran online tidak lepas dari munculnya berbagai hambatan yang dirasakan oleh siswa. Terlebih lagi pada pelajaran Pkn yang mana pelajaran tersebut sudah dikenal sebagai mata pelajaran yang banyak mengandung teori. Oleh karena itu, untuk menjadikan proses belajar mengajar menjadi efektif dan tidak membosankan, maka guru diharuskan untuk menggunakan strategi-strategi yang tepat saat mengajar terutama pada Pkn. Peneliti telah merumuskan tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan strategi yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran online Pkn (2) mendeskripsikan penerapan strategi yang telah dipilih guru untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran online pada Kelas V Pkn SDN 054871 Kw. Begumit, (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru pada saat proses pembelajaran online berlangsung. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen kunci adalah Pembelajaran Online. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) strategi yang biasa digunakan adalah penggunaan metode reseptif, inkuiri, jigsaw dan think pair share (2) proses penerapan strategi yang telah dipilih guru untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran online pada mata pembelajaran pada pelajaran Pkn menggunakan beberapa tahap, yakni tahap perencanaan yaitu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tahap pelaksanaan yakni ada tahap pendahuluan yang mana guru melakukan pengabsenan dan memberikan stimulus kepada siswa dan tahap inti dimana guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang telah dipilih seperti metode Vidio based Learning, inquiry, (3) Hambatan yang dihadapi guru pada saat proses pembelajaran berlangsung yakni bersumber dari siswa seperti daya serap siswa, karakter siswa,dan beberapa siswa pasif .</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/128 MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI KINEMASTER 2021-09-13T08:38:36+00:00 Hafizatul Khaira gakbosan1000persen@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi kinemaster untuk pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, model tersebut memiliki lima tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan (analyze), (2) desain (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Namun pada penelitian ini masih dalam tahap ADD yakni Analisis, Desain dan Development Pada makalah ini saya menjabarkan proses pembuatan media pembelajaran berupa video animasi audio visual berbasis aplikasi kinemaster pada pembelajaran Tematik kelas VI SDS Muhammadiyah Medan.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/129 EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN MINAS 2021-09-13T08:44:16+00:00 Ayu Listian Tarigan Ayutarigan170@gmail.com <p>Penelitian ini secara umum bertujuan untuk Mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran di sekolah beserta problem yang dihadapi selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif dengan menggunakan metode survei yang dilakukan secara online. Penggumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online kepada 30 responden guru sekolah dasar yang mengalami dampak pandemi Covid-19. Selain itu data pendukung adalah data sekunder dari dokumen, artikel ataupun berita yang berkaitan dengan pembelajaran daring selama COVID-19. Hasil Penelitian ini adalah Belajar mandiri yang terkesan dipaksakan membuat siswa cepat merasa bosan dan lambat laun pembelajaran virtual menjadi enggan dilakukan siswa. Diperlukan latihan untuk menumbuhkan proses kemandirian belajar siswa yakni melalui disiplin positif. Kelemahan dalam pembelajaran daring adalah kurang maksimalnya keterlibatan siswa.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/130 PEMAMFAATAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMEBALAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 2021-09-13T08:49:00+00:00 Sur yani Yani88410@gmail.com <p>Penggunaan Media Online sebagai media pembelajaran sudah begitu familiar. Pemanfaatan media di tengah pandemi global menjadi pilihan utama mengatasi social dan physical distancing saat ini. Tuntutan dalam dunia pendidikan untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi selain bertujuan untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar, juga bertujuan untuk mengefektifkan pembelajaran, sesuai dengan pembelajaran dalam jaringan (daring) dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari media pembelajaran E-Learning berbasis Google Classroom sebagai media pembelajaran dari rumah. Dalam tulisan ini penulis hanya memberikan mamfaat bagi para pendidik agar dapat menggunakan IT sebagai media pembelajaran dari rumah. Penulisan artikel ini, penulis menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan studi kasus studi data kepustakaan, sedangkan teknik penelitian adalah data yang bersumber dari buku, jurnal dan e-book untuk pelaporan argumentasi artikel ini. Berdasarkan hasil pengamatan penulis, media pembelajaran E-Learning berbasis Google Classroom dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa memperoleh materi pembelajaran sambil belajar dari rumah.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/131 PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 2021-09-13T08:58:06+00:00 SITTI ABIDAH Sitti04abidah@gmail.Com <p>This study aims to determine the role of parents in accompanying their children to study during the COVID-19 pandemic. The research method used is a qualitative research method. This type of research leads to a phenomenological study that has special attention to the phenomenon under study, focuses on the activities of the research subject, uncovers problems, presents and analyzes data, and obtains data by observing directly. The study was conducted within 1 month during the pandemic. The subjects of this study were parents who had children aged 5 to 9 years. The research begins by determining the problem to be studied, namely the role of parents in assisting children to study at home. Data was collected by means of a questionnaire, then the research results were formulated as a sign of achieving the research objectives. The results of the study found that the role of parents was needed in motivating children to learn during the Covid-19 pandemic. Parents as primary educators must provide a pleasant learning environment and time so that children can develop their abilities and achieve learning goals. Parents agree <br>that during learning from home, the role of parents in motivating children to learn is the most important thing.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/132 PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI 2021-09-13T09:02:48+00:00 Kevin William Andri Siahaan kevinsiahaan52@gmail.com Dion A.F Siallagan siallagandion58@gmail.com Meissy Manik Ambarita meissyambarita@gmail.com Jesica Triani Purba purbajesica04@gmail.com Nurpita Klara Sinurat clara.sinurat95@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan prosedur model Four D. Selain mengembangkan media berbasis android, penelitian ini juga mengembangkan silabus, RPP, dan instrumen literasi sains. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Swasta Surya di kota Pematangsiantar. Validasi media pembelajaran berbasis android dilakukan oleh tiga validator ahli media dan ahli materi. Analisis data validasi ahli dilakukan menggunakan rumus pearson validasi. Hasil studi kelayakan produk pembelajaran berbasis android menunjukkan validitas 85% dengan kriteria sangat valid. Hasil studi kelayakan media memperoleh nilai rata-rata sebesar 90%, silabus memperoleh nilai rata-rata sebesar 84%, RPP memperoleh nilai rata-rata sebesar 84%, dan instrumen literasi sains memperoleh skor rata-rata 85%. Kesimpulannya, produk media berbasis android pada materi IPA layak dapat diimplementasikan dalam pembelajaran khususnya pada saat pandemi covid-19.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/133 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI 2021-09-13T09:11:49+00:00 Suriadi Simaullang Suriadisimanullang65@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa yang diajar dengan metode pembelajaran debat lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan metode pembelajaran quantum writing, (2) Kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa yang memiliki minat baca tinggi akan lebih tinggi dari siswa yang memiliki minat baca rendah,(3) Adainteraksi antara metode pembelajaran dengan minat baca siswa terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pree test post testeksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Andam Dewi. Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 90siswa. Kelas yang dijadikan sampel kelompok eksperimen adalah kelas X1 berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol adalah kelas X2 berjumlah 30 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk teks dan angket untuk minat baca. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) dua jalur dengan mengunakan taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa yang diajar dengan metode pembelajaran debat memperoleh nilai tertinggi 90 dan rata-rata 81,57, sedangkan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran quantum writing, memperoleh nilai tertinggi 90 dan ratarata 78, 80. (2) Siswa yang memiliki minat baca tinggi memperoleh nilai tertinggi 115 dan rata-rata 105, sedangakan siswa yang memiliki minat baca rendah memperoleh nilai tertinggi 84 dan rata-rata 71,2,(3) Terjadi interaksiantara metode pembelajaran dengan minat baca terhadap Kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa yangdibuktikan dengan perolehan nilai fh = 13,53 &gt; ft = 4,02.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/134 UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INSIDE- OUTSIDE CIRCLE (IOC) DI KELAS VI SD SWASTA BINA TARUNA MEDAN 2021-09-13T09:27:22+00:00 Umar salam Umarsalam31@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan menerapkan strategi Inside -Outside Circle Untuk mengetahui apakah penerapan strategi Inside- Outside Circle Untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Inside- Outside Circle pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VI SD Swasta Bina Taruna Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara.</p> <p>Berdasarkan tes hasil belajar menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian proses pembelajaran matematika berada diatas standar yang telah ditetapkan yaitu sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan kubus dan balok melalui penerapan strategi Inside- Outside Circle adalah rata-rata pencapaian hasil belajar siswa setiap siklusnya yaitu 60,42%, 83,33%, dan 93,75%.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/135 PERANAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19 BAGI GENERASI DIGITAL 2021-09-13T09:33:29+00:00 Rizkah Mahyuni Pohan rizkahpohan30@gmail.com <p>Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar terhadap dunia pendidikan, menuntut pendidik agar dapat berinovasi dalam menciptakan proses belajar mengajar bagi generasi digital saat ini. Diperlukan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran agar dapat mengoptimalkan pembelajaran, sehingga materi yang diajarkan tersampaikan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan blended learning yang mengkombinasikan pembelajaran langsung dan e-learning sehingga memungkinkan siswa untuk mengulang dan memperdalam materi pembelajaran kapan dan dimana saja dengan memanfaatkan media elearning yaitu Schoology. Tujuan penulisan ini ialah sebagai referensi bagi tenaga pendidik untuk menerapkan inovasi pembelajaran berbasis blended learning menggunakan Schoology saat pandemi di era revolusi industri 4.0. Data yang dikumpulkan di dalam penulisan ini menggunakan studi pustaka. Penerapan blended learning menggunakan schoology dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai strategi pengorganisasian pengajaran dan penyampaian pengajaran. Kualitas pegajaran blended learning menggunakan Schoology mampu mengakomodasi perkembangan teknologi yang luas saat pandemic covid-19 di era revolusi industri 4.0 saat ini.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/136 ANALISIS KESULITAN DOSEN DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANGSIANTAR T.A 2020/2021 2021-09-13T09:38:43+00:00 Restio Sidebang restiosidebang@gmail.com Rio Napitupulu napitupulurio7@gmail.com Hana Simaremare simaremarehana@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dosen selama pembelajaran daring pada mata kuliah Pembelajaran Tematik pada jurusan PGSD di Universitas HKBP Nommensen pematangsiantar T.A 2020/2021. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dosen kesulitan pembelajaran secara online terkait pembagian alokasi waktu mengajar, mengembangkan materi pembelajaran dan evaluasi karena masalah kekuatan jaringan internet disebabkan perbedaaan terkait daerah tempat tinggal mahasiswa/i yg berbeda. Dosen juga kesulitan dalam penilaian atau evaluasi dikarenakan penilaian yg diberikan tidak bisa diberikan dan diawasi secara langsung pada saat mahasiswa/i ketika sedang mengerjakan sehingga sulit <br>diketahui hasil kerja mahasiswa dikerjakan secara mandiri atau plagiat. Bedasarkan permasalahan tersebut solusi yg diterapkan yaitu penggunaan aplikasi bandicam untuk membuat rekaman pembelajaran berbentuk video berisi penjelasan tentang materi yg wajib di download mahasiswa dan dapat diputar kapan saja. Terkait evaluasi dapat dilakukan dengan lisan dapat dilakukan dalam bentuk video dan rekaman suara yg ditugasskan kepada mahasiswa dan dikirim kepada dosen.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/137 IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DI KELAS V SD NEGERI 091524 DAN SD NEGERI 091518 KECAMATAN HATONDUHAN KABUPATEN SIMALUNGUN 2021-09-13T09:46:53+00:00 Herna Jusnita Simamora hernajusnita@gmail.com Eva Pasaribu Pasaribueva32@gmail.com Icca Fransiska Sinaga iccasinaga28@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Rancangan guru tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidikan karakter, (2) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas, dan (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru-guru kelas V, Pembina Pramuka, dan Kepala Sekolah. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun tahapan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil pelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidikan karakter di kelas V SD Negeri 091524 dan SD Negeri 091518, guru terlebih dahulu mengelompokkan kompetensi yang akan dicapai setelah proses pembelajaran yaitu dengan menyusun silabus, mengembangkan materi standar dengan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/138 PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD 2021-09-13T10:02:59+00:00 Ease Arent easearent4@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@uhnp.ac.id <p>Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS khususnya pada materi daerah tempat tinggalku masih rendah di bawah nilai KKM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Talk Write pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 095135 Sipolha Herison. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh data tes awal hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 52,61, dimana terdapat 4 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan persentase hasil belajar secara klasikal hanya 19,05% atau &lt; 80%. Secara klasikal dan hal ini masih tergolong rendah dan belum berhasil bagi proses pembelajaran peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan dan penerapan tindakan kelas siklus I menggunakan model pembelajaran Think Talk Write maka diperoleh nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 61,42 siswa yang tuntas belajar terdapat 11 orang siswa dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal 52,4% &lt; 80% dan ini juga tergolong belum berhasil dalam tindakan kelas yang dilakukan. Kemudian peneliti melanjutkan dan melakukan perbaikan dan penerapan pada siklus II maka diperoleh nilai rata-rata menjadi 75,71, siswa yang sudah tuntas sebanyak 19 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa 90,48% &gt; 80%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dalam materi.</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/141 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 121308 HANDAYANI 2021-09-15T13:08:22+00:00 Evi Yunita Purba eviyunitaa1096@gmail.com Osco Parmonangan Sijabat oscosijabat@uhn.ac.id Ronald hasibuan ronaldhasibuan@uhn.ac.id Endang P. S. Turnip endangturnip28@gmail.com Roni Parningotan Banjarnahor roniarch21@gmail.com <p>Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 121308 Handayani dengan jumlah siswa 21 orang. Dari tes hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II, terdapat 2 orang siswa (9,52%) yang mendapatkan hasil belajar yang rendah (belum tuntas) dan 19 orang siswa (90,48%) orang siswa dalam kategori tuntas pada materi sifat-sifat cahaya. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD N 121308 Handayani</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/143 PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA DI SD N 122379 PEMATANGSIANTAR 2021-09-15T13:18:10+00:00 Lailany N I Girsang lailanygirsang88514@gmail.com Radode Kristianto Simarmata radodesimarmata0@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh peningkatan keterampilan berbicara Siswa kelas V di SD 122379 kota Pematangsiantar , dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa inggris sesudah menggunakan Media Audio Visual.Hasil observasi yang diperoleh menunjukkan bahwa media audio visual sangat efektif dalam meningkatkan Keterampilan berbicara. Materi tentang video profesi dari Youtube dan Buku materi Ajar bahasa Inggris kelas V.Uji materi yang dilakukan di akhir pembelajaran menunjukkan rata-rata nilai yang memuaskan. Wawancara yang dilakukan untuk melengkapi data pun memperoleh kesimpulan bahwa media audio visual menarik atensi belajar siswa serta membantu mereka memahami materi pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaaan media audio visual dalam dalam meningkatkan Keterampilan berbicara siswa kels V di SD 122379 Kota Pematangsiantar</p> 2021-12-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021