Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1.) Hasil Belajar PPKn Siswa pada masa pandemi covid 19 dengan menggunakan Model Konvensional di sekolah SD Negeri 013841 Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane, 2.) Hasil Belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran SAVI pada masa pandemi covid 19 di kelas V sekolah SD Negeri 013841 Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane., 3.) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa di kelas sekolah SD Negeri 013841 Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design) dengan kegiatan pretest dan posttest. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa, dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 013841 Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI adalah 85,43 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 74,17. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig. (2.tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05).
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional