Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Rancangan guru tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidikan karakter, (2) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas, dan (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru-guru kelas V, Pembina Pramuka, dan Kepala Sekolah. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun tahapan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil pelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidikan karakter di kelas V SD Negeri 091524 dan SD Negeri 091518, guru terlebih dahulu mengelompokkan kompetensi yang akan dicapai setelah proses pembelajaran yaitu dengan menyusun silabus, mengembangkan materi standar dengan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya. Karakter yang akan dikembangkan dalam silabus, dan RPP diletakkan pada bagian “karakter siswa yang diharapkan.” Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan hingga kegiatan penutup dijumpai penanaman karakter religius, santun, semangat kebangsaan, sikap mandiri, tanggung jawab, percaya diri dan kerjasama. Kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, olympiade dan seni tari dapat membentuk karakter keberanian, kerja sama, membentuk jiwa kepemimpinan, melatih siswa untuk bersikap mandiri dan kreatif.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional