Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berbicara dengan media kartu kosakata pada siswa kelas IV SD Negeri 095135 tahun pembelajaran 2020/2021; (2) untuk mengetahui bentuk perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan media kartu kosakata: (3) untuk mengetahui kendala dan hasil yang diperoleh dari pembelajaran berbicara dengan menggunakan media kartu kosakata, terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian berupaya mengkaji lebih dalam mengenai peningkatan dari hasil belajar kemampuan berbicara dengan media kartu kosakata dalam pembelajarn bahasa indonesia, yang bertujuan untuk membantu siswa menuangkan ide dan gagasan dengan baik. Dalam penelitian ini juga menggunakan 2 (dua) siklus yang dimulai pada bulan Februari sampai bulan Mei 2021. Dari hasil kegiatan pembelajaran dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) pembelajaran dengan menggunakan media kartu kosakata memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan berbicara ditandai dengan peningkatan berbicara siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I memperoleh rata-rata sebesar 66,25 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 80; (2) penerapan media kartu kosa kata dalam kemampuan berbicara mempunyai pengaruh positif, yaitu peserta didik mampu menuangkan dan mengutarakan ide, serta hasil nilai siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional