Analisis Kesulitan Dosen dalam Penerapan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pendidikan Pembelajaran Tematik Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar T.A 2020/2021
PDF

Kata Kunci

Pembelajaran Tematik
PGSD
HKBP Nommensen Pematangsiantar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dosen selama pembelajaran daring pada mata kuliah Pembelajaran Tematik pada jurusan PGSD  di Universitas HKBP Nommensen pematangsiantar T.A 2020/2021. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dosen kesulitan pembelajaran secara online terkait pembagian alokasi waktu mengajar, mengembangkan materi pembelajaran dan evaluasi  karena masalah kekuatan  jaringan internet disebabkan  perbedaaan terkait daerah tempat tinggal mahasiswa/i yg berbeda. Dosen juga kesulitan dalam penilaian atau evaluasi dikarenakan penilaian yg diberikan tidak bisa diberikan dan diawasi secara langsung pada saat mahasiswa/i ketika sedang mengerjakan sehingga sulit diketahui hasil kerja mahasiswa dikerjakan secara mandiri atau plagiat. Bedasarkan permasalahan tersebut solusi yg diterapkan yaitu penggunaan aplikasi bandicam untuk membuat rekaman pembelajaran berbentuk video berisi penjelasan tentang materi yg wajib di download mahasiswa dan dapat diputar kapan saja. Terkait evaluasi dapat dilakukan dengan lisan dapat dilakukan dalam  bentuk video dan rekaman suara yg ditugasskan kepada mahasiswa dan dikirim kepada dosen.

PDF
Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional