Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 091263 Karang Sari
PDF

Kata Kunci

Metode Discovery Learning
Hasil Belajar
Bahasa Indonesia

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua Siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 091263 Karang Sari yang berjumlah 24 orang sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data adalah Observasi dan angket terhadap keaktifan belajar siswa. Dan observasi terhadap kegiatan mengajar guru. Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada siklus I dengan kategori sedang 4,17%, kategori tinggi 83,30%, dan kategori sangat tinggi 12,50%.  Kemudian meningkat pada siklus II dengan persentasi kategori tinggi 4,17% dan kategori sangat tinggi 95,83%.

PDF
Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional