MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 121308 HANDAYANI
PDF

Kata Kunci

Model Think Talk Write
Hasil belajar
Pada IPA

Abstrak

Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 121308 Handayani dengan jumlah siswa 21 orang. Dari tes hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II, terdapat 2 orang siswa (9,52%) yang mendapatkan hasil belajar yang rendah (belum tuntas) dan 19 orang siswa (90,48%) orang siswa dalam kategori tuntas pada materi sifat-sifat cahaya. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD N 121308 Handayani

PDF
Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.