PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD
PDF

Kata Kunci

Model Think Talk Write
Hasil Belajar
Pembelajaran IPS

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS khususnya pada materi daerah tempat tinggalku masih rendah di bawah nilai KKM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Talk Write pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 095135 Sipolha Herison. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh data tes awal hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 52,61, dimana terdapat 4 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan persentase hasil belajar secara klasikal hanya 19,05% atau < 80%. Secara klasikal dan hal ini masih tergolong rendah dan belum berhasil bagi proses pembelajaran peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan dan penerapan tindakan kelas siklus I menggunakan model pembelajaran Think Talk Write maka diperoleh nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 61,42 siswa yang tuntas belajar terdapat 11 orang siswa dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal 52,4% < 80% dan ini juga tergolong belum berhasil dalam tindakan kelas yang dilakukan. Kemudian peneliti melanjutkan dan melakukan perbaikan dan penerapan pada siklus II maka diperoleh nilai rata-rata menjadi 75,71, siswa yang sudah tuntas sebanyak 19 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa 90,48% > 80%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dalam materi.

PDF
Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.