Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dosen selama pembelajaran daring pada mata kuliah Pembelajaran Tematik pada jurusan PGSD di Universitas HKBP Nommensen pematangsiantar T.A 2020/2021. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dosen kesulitan pembelajaran secara online terkait pembagian alokasi waktu mengajar, mengembangkan materi pembelajaran dan evaluasi karena masalah kekuatan jaringan internet disebabkan perbedaaan terkait daerah tempat tinggal mahasiswa/i yg berbeda. Dosen juga kesulitan dalam penilaian atau evaluasi dikarenakan penilaian yg diberikan tidak bisa diberikan dan diawasi secara langsung pada saat mahasiswa/i ketika sedang mengerjakan sehingga sulit
diketahui hasil kerja mahasiswa dikerjakan secara mandiri atau plagiat. Bedasarkan permasalahan tersebut solusi yg diterapkan yaitu penggunaan aplikasi bandicam untuk membuat rekaman pembelajaran berbentuk video berisi penjelasan tentang materi yg wajib di download mahasiswa dan dapat diputar kapan saja. Terkait evaluasi dapat dilakukan dengan lisan dapat dilakukan dalam bentuk video dan rekaman suara yg ditugasskan kepada mahasiswa dan dikirim kepada dosen.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.