PERANAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19 BAGI GENERASI DIGITAL
PDF

Kata Kunci

Blended Learning, Schoology
Revolusi 4.0
Generasi Digital

Abstrak

Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar terhadap dunia pendidikan, menuntut pendidik agar dapat berinovasi dalam menciptakan proses belajar mengajar bagi generasi digital saat ini. Diperlukan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran agar dapat mengoptimalkan pembelajaran, sehingga materi yang diajarkan tersampaikan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan blended learning yang mengkombinasikan pembelajaran langsung dan e-learning sehingga memungkinkan siswa untuk mengulang dan memperdalam materi pembelajaran kapan dan dimana saja dengan memanfaatkan media elearning yaitu Schoology. Tujuan penulisan ini ialah sebagai referensi bagi tenaga pendidik untuk menerapkan inovasi pembelajaran berbasis blended learning menggunakan Schoology saat pandemi di era revolusi industri 4.0. Data yang dikumpulkan di dalam penulisan ini menggunakan studi pustaka. Penerapan blended learning menggunakan schoology dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai strategi pengorganisasian pengajaran dan penyampaian pengajaran. Kualitas pegajaran blended learning menggunakan Schoology mampu mengakomodasi perkembangan teknologi yang luas saat pandemic covid-19 di era revolusi industri 4.0 saat ini.

PDF
Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.