Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan menerapkan strategi Inside -Outside Circle Untuk mengetahui apakah penerapan strategi Inside- Outside Circle Untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Inside- Outside Circle pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VI SD Swasta Bina Taruna Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara.
Berdasarkan tes hasil belajar menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian proses pembelajaran matematika berada diatas standar yang telah ditetapkan yaitu sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan kubus dan balok melalui penerapan strategi Inside- Outside Circle adalah rata-rata pencapaian hasil belajar siswa setiap siklusnya yaitu 60,42%, 83,33%, dan 93,75%.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.