STRATEGI GURU MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMIC COVID-19 SDN 054871 KW.BEGUMIT
PDF

Kata Kunci

Strategi Guru
Efektifitas pembelajaran
PKn

Abstrak

Perubahan pola pembelajaran saat ini terlihat masif dilakukan disemua jenjang pendidikan akibat pandemi covid-19. Dalam penelitian ini sangat Penting strategi guru dalam proses pembelajaran online tidak lepas dari munculnya berbagai hambatan yang dirasakan oleh siswa. Terlebih lagi pada pelajaran Pkn yang mana pelajaran tersebut sudah dikenal sebagai mata pelajaran yang banyak mengandung teori. Oleh karena itu, untuk menjadikan proses belajar mengajar menjadi efektif dan tidak membosankan, maka guru diharuskan untuk menggunakan strategi-strategi yang tepat saat mengajar terutama pada Pkn. Peneliti telah merumuskan tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan strategi yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran online Pkn (2) mendeskripsikan penerapan strategi yang telah dipilih guru untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran online pada Kelas V Pkn SDN 054871 Kw. Begumit, (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru pada saat proses pembelajaran online berlangsung. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen kunci adalah Pembelajaran Online. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) strategi yang biasa digunakan adalah penggunaan metode reseptif, inkuiri, jigsaw dan think pair share (2) proses penerapan strategi yang telah dipilih guru untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran online pada mata pembelajaran pada pelajaran Pkn menggunakan beberapa tahap, yakni tahap perencanaan yaitu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tahap pelaksanaan yakni ada tahap pendahuluan yang mana guru melakukan pengabsenan dan memberikan stimulus kepada siswa dan tahap inti dimana guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang telah dipilih seperti metode Vidio based Learning, inquiry, (3) Hambatan yang dihadapi guru pada saat proses pembelajaran berlangsung yakni bersumber dari siswa seperti daya serap siswa, karakter siswa,dan beberapa siswa pasif .

PDF
Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.