Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam melaksanakan penilaian kelas pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 34/I Teratai pada bulan Januari sampai Februari 2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 hanya berfokus pada penilaian kognitif siswa, oleh karena itu guru memiliki strategi dalam melaksanakan pelajaran matematika agar dapat memberikan gambaran nyata tentang kemampuan siswa. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah (1) melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung. (2) Penilaian berdasarkan tugas harian siswa. (3) penilaian berdasarkan pengalaman siswa. (4) Mengacu pada nilai rapor semester sebelumnya. Pada masa pandemi Covid-19, guru bebas berada bersama siswanya, sehingga guru perlu memiliki strategi pembelajaran yang dapat membantu guru memberikan penilaian yang utuh yang merupakan gambaran kemampuan siswa yang sebenarnya. Hasil penelitian, bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi saat ini efektif untuk mengetahui kemampuan siswa yang sebenarnya, mengingat tugas yang diberikan guru melalui pembelajaran jarak jauh tidak dilakukan oleh siswa sendiri, tetapi dapat juga dilakukan oleh siswa.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.