PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PENDEMI COVID-19 KELAS IV SDN 098145
PDF

Kata Kunci

WhatsApp
hasil Belajar
Covid-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media aplikasi whatsApp terhadap hasil belajar siswa dimasa pendemi covid 19 kelas IV SDN 098145. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 098145 ajaran 2020/2021. Sampel yang diambil berjumlah 30 siswa dengan menggunakan populasi Sampilng. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment dan alpha cronbach’s. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung adalah 0,463, kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,297. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung > rtabel yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media whatsapp terhadap hasil belajar siswa dimasa pendemi covid 19 SDN 098145. Sementara itu, penggunaan media whatsapp berkontribusi sebesar 20% terhadap hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh penggunaan media aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada masa pendemi covid 19 dari hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif penggunaan media pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa pada masa pendemi covid 19.

PDF
Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.