Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis sistem melalui media Whatsapp, ditinjau dari faktor pendukung dan penghambat, upaya mengoptimalkan faktor pendukung, dan mengatasi faktor penghambat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 091496 Tanah Jawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis sistem online dengan memperhatikan kondisi siswa dan pertimbangan orang tua. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor pendukung yaitu minat belajar, pendampingan orang tua yang maksimal, ketersediaan handphone, kuota internet, dan jaringan yang stabil. Sedangkan faktor penghambatnya adalah malas belajar, pendampingan orang tua yang kurang maksimal, fasilitas handphone yang terbatas, kuota internet yang terbatas, dan jaringan yang tidak stabil. Upaya optimalisasi faktor pendukung adalah motivasi dan pendataan penyaluran bantuan kuota internet secara berkala. Upaya mengatasi faktor penghambat adalah motivasi dan pendampingan guru, antara orang tua dan siswa, serta peran masyarakat. Penelitian ini penting untuk meningkatkan pembelajaran selama pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini memiliki implikasi teoritis yaitu menambah wawasan tentang implementasi pembelajaran tematik berbasis daring melalui media whatsapp. Selain itu, implikasi praktis sebagai masukan bagi sekolah dan guru untuk memperbaiki kekurangan pembelajaran tematik berbasi daring pembelajaran tematikmelalui media whatsapp.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.