Abstrak
Pada era pandemic COVID-19 sudah merubah proses belajar mengajar dari yang tadinya tatap muka di sekolah sekarang menjadi belajar jarak jauh di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 ini. Pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik; guru diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.aplikasi yang di gunakan dalam pembelajaran adalah google meet Penggunaan GoogleMeet, yang diminati siswa dan guru, tentunya mendukung pembelajaran online yang efektif selama pandemi COVID-19 dalam materi wujud benda, guru harus menyampaikan materi dengan baik agar siswa dapat memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan memahami penggunaan aplikasi GoogleMeet pada mata pelajaran IPA dengan materi wujud benda, dan keefektifan dalam pembelajaran menggunakan GoogleMeet.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi GoogleMeet pada pembelajaran daring IPA materi wujud benda yang dilakukan di SD Negeri 091597 Tegal Sari.Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa aplikasi GoogleMeet saat pembelajaran daring tergolong lebih efektif dengan persentase 53% dalam pembelajaran daring. Aplikasi Google Meet memiki kelebihan, yakni dapat membantu guru menjelaskan materi secara detail sehingga siswa lebih mudah memahami.Selain itu, juga dapat berdiskusi langsung dengan guru apabila terdapat hal-hal yang perlu dijelaskan lebih detail.Namun, Google Meet menuntut kestabilan jaringan internet sehingga ini menjadi tantangan yang harus diperhatikan oleh pengguna, baik guru maupun siswa.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.