PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PADA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 157635 AEK DAKKA 2

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap sosial siswa dengan menggunakan Value Clarification Technique (VCT) pada pelajaran PKn dengan materi Daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN 167535 Aek Dakka 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa kelas IVA SD Negeri 167535 Aek Dakka 2. Objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan sikap sosial siswa pada pelajaran PKn. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data pada penelitian ini peneliti menggunakan angket dan lembar observasi penggunaan teknik pembelajaran serta keadaan lingkungan sekolah dan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan sikap sosial siswa pada Materi Daerah tempat tinggalku di Kelas IV SD Negeri 167535 Aek Dakka 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 9 orang siswa (45%) yang menunjukkan sikap sosial rendah, 7 orang (35%) yang menunjukkan sikap sosial pada tingkat sedang, dan hanya 4 orang (20%) yang menunjukkan sikap sosial tinggi. Pada siklus I terdapat 3 orang siswa (15%) yang menunjukkan sikap sosial rendah, 6 orang (30%) yang menunjukkan sikap sosial pada tingkat sedang, dan 11 orang (55%) yang menunjukkan sikap sosial tinggi. Dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu: tidak ada siswa (0%) yang menunjukkan sikap sosial rendah, kemudian 3 orang (15%) yang menunjukkan sikap sosial pada tingkat sedang, dan 17 orang (85%) yang menunjukkan sikap sosial tinggi.

PDF
Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.