Abstrak
Rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 091528 Siligason pada pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana di kelas V SDN 091528 Siligason. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 091528 Siligason. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN yang berjumlah 33 orang, dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Di SD Negeri 091528 Siligason. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus di mana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Pesawat sederhana di Kelas V SD Negeri 091528 Siligason. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat merancang dan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.