Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) Secara Luring Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas 5 SDN 101941 Melati
PDF

Kata Kunci

Luring
Hasil Belajar Siswa
Metode Problem Based Learning (PBL)

Abstrak

Dasar penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvesional dan hasil belajar siswa dengan metode Problem Based Learning secara luring di SDN 101941 Melati, serta Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah secara luring pada hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn Kelas 5 SDN 101941. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif eksperimental, dengan rancangan penelitian quasi eksperimen, dimulai memberikan pre-test dan post-test. Hasil yang didapatkan setelah penelitian dilakukan di Kelas 5 SDN 101941 Melati menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah untuk siswa secara luring dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dimasa pandemi covid -19. Peningkatan prestasi belajar siswa jenis ini diperoleh dari nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 85,43 setelah menjawab soal tes, sedangkan perolehan  nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 74,17.

PDF
Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional