https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/issue/feed Jurnal Keguruan Sekolah Dasar 2024-03-01T12:59:41+00:00 Open Journal Systems <p>Jurnal Keguruan Sekolah Dasar (JUKESDA) adalah suatu wadah pertemuan tulisan ilmiah di bidang pendidikan sekolah dasar (SD), kebijakan dan manajemen pendidikan dasar. Jurnal ini hadir untuk menampung aspirasi mahasiswa, tokoh-tokoh peduli pendidikan, para dosen dan peneliti lainnya dalam hal curah pendapat tentang masalah pendidikan dasar melalui tulisan karya ilmiah. Jurnal ini dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dan terbit dua kali setahun yaitu pada Bulan Oktober dan Bulan April.</p> https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/412 PENGARUH MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV UPTD SDN 122381 RAGI PANE 2024-02-23T16:49:13+00:00 Ilkhe Sulastri Hutapea ilkhe.hutapea8008@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com Hetdy Sitio hetdysitio0@gmail.com <p>This exploration aims to determine the influence of concrete object media on student <br>learning outcomes in learning Theme 3 Caring for living creatures in class 4 of UPTD SDN 122381 <br>Ragi Pane. This exploration was carried out at SD Negeri 122381 Ragi Pane, in August 2023. The <br>exploration used was quantitative exploration using a pre-Experimental Design type One Group <br>Pretest-Posttest Design with the sample in the exploration being all 26 class IV students. The <br>variables in this exploration are concrete object media (X) and learning outcomes (Y). The data <br>collection method uses Pretest and Posttest. Data analysis techniques use the N-Gain test and <br>ANOVA test. Based on the results of the exploration that has been carried out on concrete object<br>media test data with a sample size of 26 students, the experimental class pretest score was obtained <br>with an average value of 48.85 and the experimental class posttest with an average value of 85.38.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/413 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV UPTD SDN 122353 PEMATANG SIANTAR 2024-02-23T16:55:48+00:00 Ando F. Tampubolon andotampubolon308@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com Hisar M. Manurun hisarmanurung03@gmail.com <p>This type of research is a Quasy Experiment and One Group Pretest-Posttest Design. The <br>data analysis technique used is the Shapiro-Wilk test as a normality test, the Test of Homogeneity <br>of Variances test as a homogeneity test and the paired sample t test as a hypothesis test. The research <br>results show that there is a significant influence on student learning outcomes in social studies <br>lessons using the think pair share type cooperative learning model. The results obtained from the <br>pretest had a poor average score (43.40%) while the posttest had a good average score (84.4%). <br>Based on the analysis of pretest and posttest data, it shows that the sig (2-tailed) value is 0.00 &lt;0.05, <br>where Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a significant difference between the <br>learning outcomes of students who use the think pair share learning model which increases. Thus, <br>it can be concluded that the think pair share cooperative learning model has an influence on student <br>learning outcomes in social studies class IV UPTD SD Negeri 122353 Pematang Siantar.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/414 HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 091297 PANOMBEAN KABUPATEN SIMALUNGUN 2024-02-23T17:02:35+00:00 Deby E. Yohana Tarigan debytarigan716@gmail.com Minar Trisnawati Tobing minartobing14@gmail.com Desi Sijabat desisijabat9@gmail.com <p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan <br>Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 091297 Panombean Kabupaten Simalungun. Penelitian <br>ini adalah jenis penelitian kuantitatif, yakni koresional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa <br>kelas V SD Negeri 091297 Panomeban Kabupaten Simalungun berjumlah 30 orang dan sampel pada <br>penelitian ini juga adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091297 Panombean yang berjumlah 30 <br>orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang <br>digunakan adalah statistik deskriptif, normalitas, Homogenitas, Linearitas, Korelasi Product <br>Moment, dan Uji Hipotesis dengan uji F. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa terdapat <br>hubungan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 091297 <br>Panombean karena nilai Fhitung &lt; Ftabel (14,13 &lt; 1,94) dan nilai signifikansi &lt; 0,05 (0,001 &lt; 0,05) <br>sehingga Ha diterima dan H0 ditolak</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/415 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 124394 PEMATANG SIANTAR 2024-02-23T17:07:34+00:00 Srilovena Purba Tanjung purbasrilovena@gmail.com Lisbet Novianti Sihombing lisbetsihombing@uhn.ic.id , Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Open Ended <br>terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 124394 Pematang Siantar, pada bulan oktober <br>2023. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian preeksperimental design dengan one group pretest-posttest desig. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah <br>31 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen yang dilakukan adalah uji <br>validasi, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik penumpulan data menggunakan <br>uji T-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa uji T-test dengan hasil perolehan 16,77 maka terdapat <br>pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap hasil belajar Matematika siswa materi pecahan <br>senilai di kelas IV SDN 124394 Pematang Siantar T.A. 2023/2024.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/416 ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA 2 PERSATUAN DAN KESATUAN DI KELAS V SD NEGERI 095556 SINAKSAK 2024-02-23T17:11:59+00:00 Mei E. Bagariang mei03elisabet0501@gmail.com Minar Trisnawati Tobing minartobing14@gmail.com Theresia M. Siahaan teresiahaan72@gmail.com 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/417 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 BAGAIMANA TUBUH MENGELOLAH MAKANAN KELAS V UPTD SD NEGERI 124394 2024-02-23T17:16:22+00:00 Rumintar Astika Simanjuntak rumintar50@gmail.com Yanti Sidabutar arasiyanti@gmail.com Lisbet Novianti Sihombing lisbetsihombing@uhn.ic.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and <br>picture terhadap hasil belajar IPA siswa pada tema 3 subtema 1 bagaimana tubuh mengelolah <br>makanan di kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan <br>adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-esksperimental design <br>dengan desain One Group Pretes-Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 41 siswa yang <br>terdiri dari 20 laki-laki dan 21 perempuan. Instrumen yang dilakukan adalah uji validasi, uji <br>relibilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Berdasarkan uji-t dengan mengunakan <br>teknik analisis statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26, yang diperoleh thitung sebesar <br>16,202 dan ttabel dengan taraf df=40 sebesar 1,683 dengan taraf signifikansi 0,05. Sehingga, dapat <br>disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA <br>siswa pada tema 3 subtema 1 bagaimana tubuh mengelolah makanan Kelas V PTD SD Negeri <br>124394 Pematang Siantar T.A. 2023/2024</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/419 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 122365 PEMATANG SIANTAR 2024-02-23T17:20:19+00:00 Roberto Aldini Manihuruk robertomanihuruk5@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com Sukardo Sitohang sukardositohang123@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball <br>Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa pada kelas V SD Negeri 122365 Pematang Siantar. <br>Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada bulan September hingga Oktober dengan jumlah subjek <br>penelitian adalah 23 siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental dan bentuk desain One <br>Grup Pretest-Posttest Design. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji Shapiro-Wilk sebagai <br>uji normalitas, uji Test of Homogeneity of Variances sebagai uji homogenitas dan uji N-Gain dan uji<br>paired sample ttest sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan <br>terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Snowball <br>Throwing. Hasil yang diperoleh dari pretest dengan persentase kelulusan (17,4%) sedangkan posttet<br>dengan persentase kelulusan (91,3%). Berdasarkan analisis data pretest dan posttest menunjukkan <br>bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 &lt; 0,05, dimana H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan yang <br>signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing <br>lebih meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran <br>Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa pada kelas V SD Negeri 122365 Pematang <br>Siantar.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/420 PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KNOW WANT TO KNOW LEARNED (KWL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV UPTD SD NEGERI 124400 2024-02-23T17:24:02+00:00 Adelina Marta Y.Nainggolan adelinanainggolan058@gmail.com Rio P. Napitupulu napitupulurio7@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com <p>Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran adalah penggunaan strategi <br>pembelajaran. Jika guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat maka kemungkinan hasil <br>belajar yang dicapai selama proses pembelajaran akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk <br>menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dalam menggunakan strategi yang <br>tepat untuk membangun minat belajar peserta didik dengan menggunakan Stategi Pemebelajaran KWL <br>(Know Want To Know Learned), pada pembelajaran IPS Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Subtema 2 <br>Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif <br>dengan metode pre eksperimen design jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini <br>adalah seluruh siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 124400 Pematang Siantar. Sampel yang digunakan <br>pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Data teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian <br>ini adalah tes awal dan tes akhir dan observasi. Berdasarkan hasil uji dan analisis data yang telah <br>digunakan, hasil perhitungan dengan t-test diperoleh thitung sebesar 8,083 yang kemudian <br>dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,699 dengan df=29 dan taraf signifikan 0,05. Perbedaan dikatakan <br>signifikan jika thitung &gt; ttabel. Jika thitung &gt; ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan <br>analisis data yang disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran KWL (Know Want To Know <br>Learned) terhadap hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 124400 Pematang Siantar tahun <br>ajaran 2023/2024</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/422 PENGARUH METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI 098166 PERUMNAS BATU VI 2024-02-23T17:32:30+00:00 Agnes A.R Simanjuntak agnessimanjuntak0511@gmail.com Nancy Angelia Purba nancypurba27@gmail.com Desi Sijabat desisijabat9@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode SAS (Struktural Analitik <br>Sintetik) Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Indoneasia Siswa Kelas III SD Negeri 098166 <br>Perumnas Batu VI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dengan pendekatan kuantitatif. <br>Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa dan teknik <br>sampel yang digunakan adalah total dimana sampel diambil dari seluruh kelas III yang berjumlah <br>12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah <br>dokumentasi dan tes pretest-posttest dengan menggunakan rubrik penilaian. Teknik analisis data <br>yang digunakan adalah dengan cara menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <br>terdapat pengaruh positif yang ditunjukkan oleh hasil uji N-Gain dapat diperoleh skor nilai rataratanya adalah 0,7397 dengan nilai minimumnya adalah 0,33 dan nilai maximumnya adalah 1,00. <br>Sedangkan N-Gain persen nilai rata-ratanya adalah 73,9744 dengan nilai minimumnya adalah 33,33 <br>dan nilai maximumnya adalah 100,00. N-Gain skornya 0,7397 terdapat di interpretasi berada di <br>sedang, sedangkan N-Gain persennya 73,9744 maka terdapat di tafsiran cukup efektif</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/423 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS III SD NEGERI 091273 2024-02-23T17:36:29+00:00 Agnes Y. Lumban Gaol agneslumbangaol123@gmail.com Natalina Purba %20natalinapurba79@gmail.com Esti Marlina Sirait estimarlina28@gmail.com <p>Pelnelitian ini belrtuljulan ulntulk melningkatkan hasil belajar siswa delngan melnggulnakan <br>Model Pelmbelajaran Contelxtulal Telaching and Lelarning (CTL) Belrbantulan belnda konkrelt. Jelnis <br>Pelnelitian ini adalah pelnelitian kulantitatif delngan melnggulnakan meltodel Prel-elkspelrimeln. Delsain <br>Pelnelitian yang digulnakan adalah Onel-Groulp Preltelst and Posttelst. Populasi Pada Pelnelitian ini <br>adalah siswa kelas III SD Nelgelri 091273 Karang Banguln. Telknik pelngambilan sampel pada <br>pelnelitian ini melnggulnakan telknik sampling jelnulh. .Sampel pada pelnelitian ini adalah siswa kelas<br>III SD Nelgelri 091273 Karang Banguln delngan julmlah 28 siswa. Telknik pelngulmpulan data yang <br>digulnakan pada pelnelitian ini delngan instrulmelnt tels, preltelst dan posttelst. Pada Pelnelitian ini <br>dipelrolelh nilai rata-rata Preltelst 42,4, seldangkan pada Posttelst dipelrolelh 82,8, yang melnulnjulkkan <br>bahwa nilai rata-rata posttelst lelbih ulnggul dari nilai rata-rata preltelst. Telrdapat pelrbeldaan t-hitulng <br>≥ t-tabel (36.592≥ 2.052). Belrdasarkan hasil analisis data yang dipelrolelh dari hasil pelnelitian <br>melnyatakan bahwa Model Pelmbelajaran Contelxtulal Telaching and Lelarning (CTL) Belrbantulan <br>belnda konkrelt melmbelrikan pelngarulh telrhadap hasil belajar siswa</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/425 PENGARUH MODEL PEMBELJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA SUBTEMA 2 GLOBALISASI DAN MANFAATNYA DI UPTD SD N 122353 2024-03-01T11:59:54+00:00 Apri Nanda Sipayung s4834435@gmail.com Minar T. Tobing minartobing14@gmail.com Rio P. Napitupulu napitupulurio7@gmail.com <p>Berdasarkan hasil pretest, nilai rata-rata hasil belajar siswa 41,33 dengan seluruh <br>siswa mendapat nilai di bawah KKM. Melihat persentase yang ada dapat dikatakan bahwa <br>tingkat hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time <br>token tergolong rendah. Selanjutnya, nilai rata-rata hasil Posttest adalah 82,83 jadi setelah <br>menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token mempunyai hasil belajar <br>yang lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe <br>time token. Berdasarkan uji Homogenitas dipengaruh nilai signifikan 0,698. Berdasarkan <br>kriteria yang sudah ditentukan bahwa apabila nilai sig &gt; 0,05 maka data dikatakan memiliki <br>variansi yang homogen. Dalam hal ini terlihat bahwa 0,698 &gt; 0,05. Maka dapat <br>disimpulkan bahwa data tersebut memiliki karakteristik yang sama atau homogen. Setelah <br>uji normalitas dan uji homogenitas telah terpenuhi sehingga dilanjutkan pada uji hipotesis. <br>Dari hasil tes peserta didik diperoleh thitung sebesar 23.718 dan ttabel sebesar 2,069 Dengan <br>demikian thitung &gt; ttabel = 23.718&gt; 2,069 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang <br>menandakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token <br>terhadap hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional).</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/426 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 PADA TEMA 1 DIRIKU SUBTEMA 2 TUBUHKU DI UPTD SD NEGERI 122332 PEMATANG SIANTAR 2024-03-01T12:08:02+00:00 Debora Veronika Turnip deboraturnip331@gmail.com Muktar B. Panjaitan muktar.panjaitan@uhnp.ac.id Yanti Arasi Sidabutar arasiyanti@gmail.com <p>Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis <em>Pre- Eksperimental design</em> dengan menggunakan desain <em>one grup pretest posttest design.</em> Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan uji coba instrumen. Berdasarkan hasi uji analisis data yang dilakukan diperoleh hasil uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil data diketahui t<sub>tabel</sub> sebesar 1.714, t<sub>hitung</sub> sebesar 19.222 dengan taraf signifikansi 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan Media <em>Big Book</em> terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa kelas I pada Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Hal ini menunjukkan H<sub>a </sub>diterima dan H<sub>o</sub> ditolak.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/427 PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 094155 RAMBUNG MERAH 2024-03-01T12:13:19+00:00 Rahmada Bebyana Siregar rahmadabebyanasiregar15@gmail.com Nancy Angelia Purba nancypurba27@gmail.com Sukardo Sihotang sukardositohang123@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pra- eksperimental (Pre-Experimental) yang merupakan penelitian eskperimen untuk menguji hipotesis hubungan sebab-akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil penelitian yang telah dilakukan ialah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah. Dengan nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05 sehingga Ho ditolak, maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah. Penggunaan metode ini dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar 63,33% siswa yang memperoleh nilai ≥ 75.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/428 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 124386 PEMATANGSIANTAR 2024-03-01T12:17:50+00:00 Ribka Sirait ribkasirait8008@gmail.com Aprido Bernando Simamora aprido.simamora@uhnp.ac.id Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran <em>Picture and Picture</em> Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 124386 Pematangsiantar T.A 2023/2024”Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain penelitian <em>pre-experimental</em> bentuk <em>one group</em> <em>pretest posttest</em> <em>design</em>, dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yakni dokumentasi dan tes <em>(pretest</em> dan <em>posttest).</em> Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas serta uji N-Gain. Berdasrkan hasil analisis datanya dapat dilihat dari analisis data yang diperoleh dengan rata-rata pada <em>pretest </em>(45,68) dan <em>posttest</em> (86,14) serta hasil rata-rata dari uji N-Gain diperoleh 0,74 dengan kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>picture and picture</em> terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 124386 Pematangsiantar T.A 2023/2024.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/429 PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 124388 2024-03-01T12:22:59+00:00 Anisa R. Rajagukguk rajagukgukanisa5@gmail.com Minar Trisnawati Tobing minartobing14@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com <p>Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain <em>One Group Pretes Design.</em> Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 64,1 dan nilai rata-rata posttest mereka yaitu 83,5 ini berartiada peningkatan hasil belajara siswa sesudah diberi perlakuan dari model <em>Talking Stick</em>. Untuk mengetahui adanya pengaruh model <em>Talking Stick</em> pada pembelajaran tematik&nbsp; subtema 3 memelihara kesehatan organ pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 124388 Siantar, Maka dilakukan uji hipotesis (uji t), dengan nilai taraf signifikasi 0,05 atau &nbsp;1,69 dengan nilai &nbsp;= 14,60, sehingga diperoleh&nbsp;&nbsp; &gt; . Berdasarkan hasil hipotesis (uji t) tersebut diketahui adanya pengaruh model talking stick pada pembelajaran tematik subtema 3 memelihara kesehatan organ pernapasan manusi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 124388 Sianatar Martoba. Maka dapat disimpulkan ) diterima dan (). ditolak.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/430 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 091277 SIANTAR ESTATE 2024-03-01T12:28:14+00:00 Elsa Laura Simamora elsasimamora916@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com Desi Sijabat desisijabat9@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui Pengaruh Model Pembelajaran <em>Role Playing</em> Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia&nbsp; Siswa Kelas IV SD Negeri 091277 Siantar Estate. T.A 2023/2024. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian <em>One group pretest posttest design</em>.Data di uji menggunakan analisis berbantuan SPSS Versi 24. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yang terdapat pengaruh signifikan pada penelitian ini dan data yang sudah di ujikan dinyatakan dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata eksperimen pada <em>pretest</em> (46,42) dan <em>posttest</em> (84,46). Hasil penelitian pada taraf 0,5 berdasarkan analisis data nilai <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailend) 0,00 &lt; 0,05 dimana H<sub>o</sub>ditolak dan H<sub>a </sub>diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran <em>Role Playing</em> Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia tema 4 subtema 3 Tentang Pekerjaan Orang Tuaku pada Siswa Kelas IV SD Negeri 091277 Siantar Estate. T.A 2023/2024.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/431 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN KELAS V UPTD SD NEGERI 122353 PEMATANGSIANTAR 2024-03-01T12:32:01+00:00 Presly Chairul freslysilaban@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com Osco Parmonangan Sijabat oscosijabat@uhn.ac.id <p>Eksplorasi ini bertujuan akan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran <em>Problem Solving</em> Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V&nbsp; Eksplorasi ini dilaksanakan di SD Negeri 122353 Pematangsiantar , pada bulan 17 Oktober 2023. Eksplorasi yang digunakan adalah eksplorasi kuantitatif memakai pre- Eksperimental Design jenis One Group Pretest-Postest Design dengan sampel dalam eksplorasi adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 24 siswa. Variabel dalam eksplorasiini adalah Model Pembelajaran <em>Problem Solving </em>&nbsp;(X) dan hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data dengan memakai Pretest dan Postest. Teknik analisis data memakai uji Homogentas, dan uji Normalitas. Berdasarkan hasil eksplorasi yang telah dilakukan akan data tes Model Pembelajaran <em>Problem Solving</em>&nbsp; dengan jumlah sampel 24 orang siswa, kemudian di dapat jumlah skor pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 40,17 dan Posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 85,33.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/432 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA TEMA 1 SUBTEMA 3 LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA KELAS V SDN 095130 SENIO BANGUN 2024-03-01T12:36:25+00:00 Betty Wanrita Situmorang Betttywanritasitumorang65@gmail.com Nancy Angelia Purba nancypurba27@gmail.com Hetdy Sitio hetdysitio0@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian pra- eksperimen dengan desain one grup pretest posttets. Subjek penelitian ini adalah siswa. Model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia dan IPA tema Lingkungan dan Manfaatnya, terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu pada pretest 49,40, posttest = 87, 80 (3) kendala penelitian ini yaitu siswa masih kurang memberikan perhatian pada saat pembelajaran, kurang aktif pada saat diskusi dan belum tersedianya media pembelajaran. Adapun solusinya yaitu guru memotivasi siswa, guru membimbing siswa ketika diskusi, guru menegur siswa, dan guru menyiapkan media yang akan digunakan sebelum pembelajaran dilaksanakan.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/433 PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 095552 2024-03-01T12:40:47+00:00 Catherine Saragih catherineaprinasidauruk@gmail.com Nancy Angelia Purba nancypurba27@gmail.com Aprido Bernando Simamora aprido.simamora@uhnp.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Media Gambar berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV &nbsp;di SD Negeri 095552 Jl. Asahan atau tidak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh Media Gambar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD Negeri 095552 Jl.Asahan.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design.” Data diuji menggunakan analisis berbantuan SPSS Versi 21. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yang terdapat pengaruh signifikan pada penelitian ini dan data yang sudah diujikan dinyatakan dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata eksperimen pada pretest (56,92) dan posttest (89,61). Hasil penelitian pada taraf 0,5 berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa <em>n-gain </em>13.04822 &gt; dari 0.3 dimana H<sub>o</sub> ditolak H<sub>a </sub>diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media Gambar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 095552 Jl. Asahan.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/434 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTTEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122350 2024-03-01T12:44:49+00:00 Dyna Oktafia,Sihotang dinasihotang2019@gmail.com Natalina Purba Natalina.purba@uhnp.ac.id Desi Sijabat desisijabat9@gmail.com <p>Penelitian ini adalah Metode Quasi&nbsp; dengan jenis penelitian One Group pre-test post-test design. Berdasarkan Hasil analisis data Uji T yang dilakukan diketahui bahwa hasil thitung sebesar18,929,sedangkan t tabel1,693 dengan taraf signifikan 0,05.maka dari katakanbahawa t hitung &gt;&nbsp; t tabel.Berdasarkan Analisis data yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model tipe student team achievement divison terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPTD SD Negeri 122350 Pematang Siantar berati Ho diterima dan ha ditolak</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/435 PENGARUH MODEL PEMBELAJAN SCRAMBEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAHLUK HIDUP KELAS IV SD NEGERI 096135 RAMBUNG MERAH 2024-03-01T12:49:26+00:00 Evi Siagian evisiagian@gmail.com Theresia Monika Siahaan teresiahaan72@gmail.com Hetdy Sitio hetdysitio0@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui&nbsp; pengaruh model pembelajaran Scrambel terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 peduli terhadap mahluk hidup kelas&nbsp; IV SD Negeri 096135 Rambung Merah. Jenis penelitian adalah pre-expemental design yang menggunakan one group pre-tets-posttest design. Sampel penelitian ini yairu berjumbalah 30 siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 7 perempuan. Instrumen yang dilakukan adalah uji validasi, reabilitas,tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pretest, dokumentasi, posttest. Data diolah dengan mengunakan teknik analisis statistik inferensial dengan menggunkankan uji-t, sehingga dapat disimpulkan bahawa uji-t dengan hasil yang diperoleh 12,377 maka terdapat pengaruh model pembelajaran Scrambel terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 peduli terhadap mahluk hidup kelas&nbsp; IV SD Negeri 096135 Rambung Merah T.A. 2023/2024.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/436 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SUBTEMA I TUMBUHAN SAHABATKU KELAS VI DI SD NEGERI 121248 2024-03-01T12:55:17+00:00 Novita Simarmata Simarmatanovita530@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com Hetdy Sitio hetdysitio0@gmail.com <p>Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif Design penelitian yang akan digunakan yaitu Experimen, dengan bentuk <em>Pre-experimental Design</em> yang menggunakan design <em>“one group pretest posttest design</em>” dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil uji validitas yang dilakukan terhadap pengaruh model pembelajaran <em>Picture and Picture</em> diperoleh t<sub>hitung </sub>&nbsp;&gt; t<sub>tabel </sub>dan nilai signifikan &gt; 0,05, kemudian hasil uji validitas soal diperoleh t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> dan nilai signifikan &lt; 0,05. Demikian juga dengan uji homogenitas menggunakan uji Levene diperoleh nilai Sig.(2-tailed) &lt; dari 0,05 (0,00&lt;0,05) maka terdapat perbedaan nilai rata-rata <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>, data t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel </sub>(13,666 &gt; 2,04523) sehingga H<sub>0 </sub>ditolak&nbsp;&nbsp; dan H<sub>a</sub> diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Picture and Picture </em>Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku di kelas VI di SD Negeri 121248 Pematang Siantar.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin https://jurnal.uhnp.ac.id/jukesda/article/view/437 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS lV UPTD SD NEGERI 122350 PEMATANG SIANTAR 2024-03-01T12:59:41+00:00 Vetti Veni Turnip Vettiveniturnip@gmail.com Emelda Thesalonika emeldathesalonika@gmail.com Desi Sijabat desisijabat9@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>Jigsaw</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas lV UPTD SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian <em>pre-experimental design</em> dengan desain penelitian <em>one group pre-test</em> <em>posttest design</em>. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data uji T yang dilakukan diperoleh <sup>t</sup>hitung sebesar 781,56 sedangkan t tabel sebesar 0,000 dengan tingkat signifikansi 0,05. Jadi dikatakan <sup>t</sup>hitung &gt; <sup>t</sup>tabel. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>Jigsaw</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas lV UPTD SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Artinya H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>o </sub>ditolak.</p> 2023-10-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 admin