PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 091281 BATU IV

Penulis

  • Elnisa Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Rio Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Picture and Pivture, Hasil Belajar, IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and
Picture terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di
SD Negeri 091281 Batu IV. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain
Pre-eksperimental tipe pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri 25 siswa, instrumen penelitian
berupa tes hasil belajar pilihan ganda. Hal ini dibuktikan dengan Uji N-Gain menunjukkan bahwa
nilai hasil perhitungn gain kelas diperoleh rata-rata sebesar 32,92 dan rata-rata posttest sebesar
82,68. Sehingga diperoleh gain 0.80. Artinya, kelas tersebut mengalami peningkatan hasil belajar
dengan kategori sangat tinggi karena (g) ≥ 0,70. Berdasarkan data tersebut, maka dikatakan
peningkatan hasil belajar materi Usaha Pelestarian Lingkungan kelas eksperimen menggunakan
model pembelajaran Picture and Picture lebih baik dibandingkan dengan konvensional.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-28