PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD N 122398 PEMATANGSIANTAR

Penulis

  • Trivoni Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Yanti Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Rio Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berbicara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing
Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SDN 122398 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan metode eksperimen
bentuk Pre-Experiment Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”
tanpa adanya kelas pembanding. Sampel pada penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 122398
Pematangsiantar yang berjumlah 23 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total
sampling (sampel total). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 122398
Pematangsiantar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa dialog. Hasil
analisis data diperoleh hasil rata-rata pada pretest (48,04) dan posttest (82,17). Hasil penelitian pada
taraf 0,05 berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed)
0,00 < 0,05, diperoleh thitung > ttabel atau 8,929 > 1,717 dimana Ho ditolak dan Ha diterima.
Sehingga dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap
keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 122398 Pematangsiantar.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-28