PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD N 122398 PEMATANGSIANTAR
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema sumber energi. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental menggunakan
tipe pretest-posttest control group design. Sampel pertama terdiri dari 29 siswa yang merupakan
kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning.
Sampel kedua terdiri dari 27 siswa yang merupakan kelas kontrol yang menggunakan model
pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah tes dengan 25 soal. Berdasarkan hasil
penelitian, analisis data, dan uji hipotesis, disimpulkan bahwa ada pengaruh model Contextual
Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 122398 Pematangsiantar. Hal
ini dibuktikan oleh hasil belajar siswa kelas IV A yang diajarkan dengan model Contextual Teaching
and Learning di kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 55,72 dan posttest sebesar
88,3. Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen dengan model Contextual
Teaching and Learning sangat baik.