PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS lV UPTD SD NEGERI 122350 PEMATANG SIANTAR

Penulis

  • Vetti Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Desi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas lV UPTD SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian one group pre-test posttest design. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data uji T yang dilakukan diperoleh thitung sebesar 781,56 sedangkan t tabel sebesar 0,000 dengan tingkat signifikansi 0,05. Jadi dikatakan thitung > ttabel. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas lV UPTD SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28