PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SUBTEMA I TUMBUHAN SAHABATKU KELAS VI DI SD NEGERI 121248

Penulis

  • Novita Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Hetdy Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Media Gambar, Hasil Belajar

Abstrak

Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif Design penelitian yang akan digunakan yaitu Experimen, dengan bentuk Pre-experimental Design yang menggunakan design “one group pretest posttest design” dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil uji validitas yang dilakukan terhadap pengaruh model pembelajaran Picture and Picture diperoleh thitung  > ttabel dan nilai signifikan > 0,05, kemudian hasil uji validitas soal diperoleh thitung > ttabel dan nilai signifikan < 0,05. Demikian juga dengan uji homogenitas menggunakan uji Levene diperoleh nilai Sig.(2-tailed) < dari 0,05 (0,00<0,05) maka terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest, data thitung > ttabel (13,666 > 2,04523) sehingga H0 ditolak   dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku di kelas VI di SD Negeri 121248 Pematang Siantar.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28