PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA TEMA 1 SUBTEMA 3 LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA KELAS V SDN 095130 SENIO BANGUN

Penulis

  • Betty Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Nancy Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Hetdy Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Quantum Teaching, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pra- eksperimen dengan desain one grup pretest posttets. Subjek penelitian ini adalah siswa. Model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia dan IPA tema Lingkungan dan Manfaatnya, terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu pada pretest 49,40, posttest = 87, 80 (3) kendala penelitian ini yaitu siswa masih kurang memberikan perhatian pada saat pembelajaran, kurang aktif pada saat diskusi dan belum tersedianya media pembelajaran. Adapun solusinya yaitu guru memotivasi siswa, guru membimbing siswa ketika diskusi, guru menegur siswa, dan guru menyiapkan media yang akan digunakan sebelum pembelajaran dilaksanakan.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28