PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN KELAS V UPTD SD NEGERI 122353 PEMATANGSIANTAR

Penulis

  • Presly Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Osco Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Problem Solving

Abstrak

Eksplorasi ini bertujuan akan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas V  Eksplorasi ini dilaksanakan di SD Negeri 122353 Pematangsiantar , pada bulan 17 Oktober 2023. Eksplorasi yang digunakan adalah eksplorasi kuantitatif memakai pre- Eksperimental Design jenis One Group Pretest-Postest Design dengan sampel dalam eksplorasi adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 24 siswa. Variabel dalam eksplorasiini adalah Model Pembelajaran Problem Solving  (X) dan hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data dengan memakai Pretest dan Postest. Teknik analisis data memakai uji Homogentas, dan uji Normalitas. Berdasarkan hasil eksplorasi yang telah dilakukan akan data tes Model Pembelajaran Problem Solving  dengan jumlah sampel 24 orang siswa, kemudian di dapat jumlah skor pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 40,17 dan Posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 85,33.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28