PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 091277 SIANTAR ESTATE

Penulis

  • Elsa Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Desi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Model Role Playing, Hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia  Siswa Kelas IV SD Negeri 091277 Siantar Estate. T.A 2023/2024. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One group pretest posttest design.Data di uji menggunakan analisis berbantuan SPSS Versi 24. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yang terdapat pengaruh signifikan pada penelitian ini dan data yang sudah di ujikan dinyatakan dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata eksperimen pada pretest (46,42) dan posttest (84,46). Hasil penelitian pada taraf 0,5 berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttestmenunjukkan bahwa nilai sig (2-tailend) 0,00 < 0,05 dimana Hoditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia tema 4 subtema 3 Tentang Pekerjaan Orang Tuaku pada Siswa Kelas IV SD Negeri 091277 Siantar Estate. T.A 2023/2024.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28