PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 124388

Penulis

  • Anisa Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Minar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Talking Stick, Hasil Belajar

Abstrak

Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain One Group Pretes Design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 64,1 dan nilai rata-rata posttest mereka yaitu 83,5 ini berartiada peningkatan hasil belajara siswa sesudah diberi perlakuan dari model Talking Stick. Untuk mengetahui adanya pengaruh model Talking Stick pada pembelajaran tematik  subtema 3 memelihara kesehatan organ pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 124388 Siantar, Maka dilakukan uji hipotesis (uji t), dengan nilai taraf signifikasi 0,05 atau  1,69 dengan nilai  = 14,60, sehingga diperoleh   > . Berdasarkan hasil hipotesis (uji t) tersebut diketahui adanya pengaruh model talking stick pada pembelajaran tematik subtema 3 memelihara kesehatan organ pernapasan manusi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 124388 Sianatar Martoba. Maka dapat disimpulkan ) diterima dan (). ditolak.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28