PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 124388
Kata Kunci:
Talking Stick, Hasil BelajarAbstrak
Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain One Group Pretes Design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 64,1 dan nilai rata-rata posttest mereka yaitu 83,5 ini berartiada peningkatan hasil belajara siswa sesudah diberi perlakuan dari model Talking Stick. Untuk mengetahui adanya pengaruh model Talking Stick pada pembelajaran tematik subtema 3 memelihara kesehatan organ pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 124388 Siantar, Maka dilakukan uji hipotesis (uji t), dengan nilai taraf signifikasi 0,05 atau 1,69 dengan nilai = 14,60, sehingga diperoleh > . Berdasarkan hasil hipotesis (uji t) tersebut diketahui adanya pengaruh model talking stick pada pembelajaran tematik subtema 3 memelihara kesehatan organ pernapasan manusi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 124388 Sianatar Martoba. Maka dapat disimpulkan ) diterima dan (). ditolak.