PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 124386 PEMATANGSIANTAR

Penulis

  • Ribka Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Aprido Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Model Picture and Picture, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 124386 Pematangsiantar T.A 2023/2024”Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain penelitian pre-experimental bentuk one group pretest posttest design, dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yakni dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas serta uji N-Gain. Berdasrkan hasil analisis datanya dapat dilihat dari analisis data yang diperoleh dengan rata-rata pada pretest (45,68) dan posttest (86,14) serta hasil rata-rata dari uji N-Gain diperoleh 0,74 dengan kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 124386 Pematangsiantar T.A 2023/2024.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28