PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 094155 RAMBUNG MERAH

Penulis

  • Rahmada Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Nancy Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Sukardo Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pra- eksperimental (Pre-Experimental) yang merupakan penelitian eskperimen untuk menguji hipotesis hubungan sebab-akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil penelitian yang telah dilakukan ialah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah. Dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak, maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 094155 Rambung Merah. Penggunaan metode ini dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar 63,33% siswa yang memperoleh nilai ≥ 75.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28