PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 PADA TEMA 1 DIRIKU SUBTEMA 2 TUBUHKU DI UPTD SD NEGERI 122332 PEMATANG SIANTAR

Penulis

  • Debora Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Muktar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Yanti Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Big Book, Keterampilan membaca.

Abstrak

Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis Pre- Eksperimental design dengan menggunakan desain one grup pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan uji coba instrumen. Berdasarkan hasi uji analisis data yang dilakukan diperoleh hasil uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil data diketahui ttabel sebesar 1.714, thitung sebesar 19.222 dengan taraf signifikansi 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan Media Big Book terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa kelas I pada Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28