PENGARUH MODEL PEMBELJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA SUBTEMA 2 GLOBALISASI DAN MANFAATNYA DI UPTD SD N 122353

Penulis

  • Apri Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Minar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Rio Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Model Time Token, Hasil Belajar

Abstrak

Berdasarkan hasil pretest, nilai rata-rata hasil belajar siswa 41,33 dengan seluruh
siswa mendapat nilai di bawah KKM. Melihat persentase yang ada dapat dikatakan bahwa
tingkat hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time
token tergolong rendah. Selanjutnya, nilai rata-rata hasil Posttest adalah 82,83 jadi setelah
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token mempunyai hasil belajar
yang lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
time token. Berdasarkan uji Homogenitas dipengaruh nilai signifikan 0,698. Berdasarkan
kriteria yang sudah ditentukan bahwa apabila nilai sig > 0,05 maka data dikatakan memiliki
variansi yang homogen. Dalam hal ini terlihat bahwa 0,698 > 0,05. Maka dapat
disimpulkan bahwa data tersebut memiliki karakteristik yang sama atau homogen. Setelah
uji normalitas dan uji homogenitas telah terpenuhi sehingga dilanjutkan pada uji hipotesis.
Dari hasil tes peserta didik diperoleh thitung sebesar 23.718 dan ttabel sebesar 2,069 Dengan
demikian thitung > ttabel = 23.718> 2,069 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang
menandakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token
terhadap hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional).

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28