PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS III SD NEGERI 091273

Penulis

  • Agnes Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Natalina Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Esti Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

: Contelxtulal Telaching and Lelarning, Belnda Konkrelt , Hasil Belajar

Abstrak

Pelnelitian ini belrtuljulan ulntulk melningkatkan hasil belajar siswa delngan melnggulnakan
Model Pelmbelajaran Contelxtulal Telaching and Lelarning (CTL) Belrbantulan belnda konkrelt. Jelnis
Pelnelitian ini adalah pelnelitian kulantitatif delngan melnggulnakan meltodel Prel-elkspelrimeln. Delsain
Pelnelitian yang digulnakan adalah Onel-Groulp Preltelst and Posttelst. Populasi Pada Pelnelitian ini
adalah siswa kelas III SD Nelgelri 091273 Karang Banguln. Telknik pelngambilan sampel pada
pelnelitian ini melnggulnakan telknik sampling jelnulh. .Sampel pada pelnelitian ini adalah siswa kelas
III SD Nelgelri 091273 Karang Banguln delngan julmlah 28 siswa. Telknik pelngulmpulan data yang
digulnakan pada pelnelitian ini delngan instrulmelnt tels, preltelst dan posttelst. Pada Pelnelitian ini
dipelrolelh nilai rata-rata Preltelst 42,4, seldangkan pada Posttelst dipelrolelh 82,8, yang melnulnjulkkan
bahwa nilai rata-rata posttelst lelbih ulnggul dari nilai rata-rata preltelst. Telrdapat pelrbeldaan t-hitulng
≥ t-tabel (36.592≥ 2.052). Belrdasarkan hasil analisis data yang dipelrolelh dari hasil pelnelitian
melnyatakan bahwa Model Pelmbelajaran Contelxtulal Telaching and Lelarning (CTL) Belrbantulan
belnda konkrelt melmbelrikan pelngarulh telrhadap hasil belajar siswa

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28