PENGARUH METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI 098166 PERUMNAS BATU VI
Kata Kunci:
Metode SAS, Kemampuan membacaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode SAS (Struktural Analitik
Sintetik) Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Indoneasia Siswa Kelas III SD Negeri 098166
Perumnas Batu VI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa dan teknik
sampel yang digunakan adalah total dimana sampel diambil dari seluruh kelas III yang berjumlah
12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dokumentasi dan tes pretest-posttest dengan menggunakan rubrik penilaian. Teknik analisis data
yang digunakan adalah dengan cara menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh positif yang ditunjukkan oleh hasil uji N-Gain dapat diperoleh skor nilai rataratanya adalah 0,7397 dengan nilai minimumnya adalah 0,33 dan nilai maximumnya adalah 1,00.
Sedangkan N-Gain persen nilai rata-ratanya adalah 73,9744 dengan nilai minimumnya adalah 33,33
dan nilai maximumnya adalah 100,00. N-Gain skornya 0,7397 terdapat di interpretasi berada di
sedang, sedangkan N-Gain persennya 73,9744 maka terdapat di tafsiran cukup efektif