PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KNOW WANT TO KNOW LEARNED (KWL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV UPTD SD NEGERI 124400
Kata Kunci:
Minat Belajar, Hasil Belajar Stretegi Pembelajaran KWLAbstrak
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran adalah penggunaan strategi
pembelajaran. Jika guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat maka kemungkinan hasil
belajar yang dicapai selama proses pembelajaran akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk
menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dalam menggunakan strategi yang
tepat untuk membangun minat belajar peserta didik dengan menggunakan Stategi Pemebelajaran KWL
(Know Want To Know Learned), pada pembelajaran IPS Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Subtema 2
Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode pre eksperimen design jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 124400 Pematang Siantar. Sampel yang digunakan
pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Data teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tes awal dan tes akhir dan observasi. Berdasarkan hasil uji dan analisis data yang telah
digunakan, hasil perhitungan dengan t-test diperoleh thitung sebesar 8,083 yang kemudian
dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,699 dengan df=29 dan taraf signifikan 0,05. Perbedaan dikatakan
signifikan jika thitung > ttabel. Jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan
analisis data yang disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran KWL (Know Want To Know
Learned) terhadap hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 124400 Pematang Siantar tahun
ajaran 2023/2024