PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 122365 PEMATANG SIANTAR

Penulis

  • Roberto Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Sukardo Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Model Snowball Throwing, Hasil belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball
Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa pada kelas V SD Negeri 122365 Pematang Siantar.
Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada bulan September hingga Oktober dengan jumlah subjek
penelitian adalah 23 siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental dan bentuk desain One
Grup Pretest-Posttest Design. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji Shapiro-Wilk sebagai
uji normalitas, uji Test of Homogeneity of Variances sebagai uji homogenitas dan uji N-Gain dan uji
paired sample ttest sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan
terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Snowball
Throwing. Hasil yang diperoleh dari pretest dengan persentase kelulusan (17,4%) sedangkan posttet
dengan persentase kelulusan (91,3%). Berdasarkan analisis data pretest dan posttest menunjukkan
bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing
lebih meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran
Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa pada kelas V SD Negeri 122365 Pematang
Siantar.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28