PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 BAGAIMANA TUBUH MENGELOLAH MAKANAN KELAS V UPTD SD NEGERI 124394

Penulis

  • Rumintar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Yanti Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Lisbet Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Picture And Picture, IPA, Dan Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and
picture terhadap hasil belajar IPA siswa pada tema 3 subtema 1 bagaimana tubuh mengelolah
makanan di kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan
adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-esksperimental design
dengan desain One Group Pretes-Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 41 siswa yang
terdiri dari 20 laki-laki dan 21 perempuan. Instrumen yang dilakukan adalah uji validasi, uji
relibilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Berdasarkan uji-t dengan mengunakan
teknik analisis statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26, yang diperoleh thitung sebesar
16,202 dan ttabel dengan taraf df=40 sebesar 1,683 dengan taraf signifikansi 0,05. Sehingga, dapat
disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA
siswa pada tema 3 subtema 1 bagaimana tubuh mengelolah makanan Kelas V PTD SD Negeri
124394 Pematang Siantar T.A. 2023/2024

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28