PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 124394 PEMATANG SIANTAR

Penulis

  • Srilovena Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Lisbet Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • , Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Open Ended, Matematika, dan Hasil Belajar Siswa.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Open Ended
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 124394 Pematang Siantar, pada bulan oktober
2023. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian preeksperimental design dengan one group pretest-posttest desig. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah
31 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen yang dilakukan adalah uji
validasi, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik penumpulan data menggunakan
uji T-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa uji T-test dengan hasil perolehan 16,77 maka terdapat
pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap hasil belajar Matematika siswa materi pecahan
senilai di kelas IV SDN 124394 Pematang Siantar T.A. 2023/2024.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-28