Jon Roi Tua Purba MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN PERMAINAN BOLA KECIL DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 DOLOK PANRIBUAN
Kata Kunci:
Model pembelajarn, discovery learning, pendidikan jasmani, berpikir kritisAbstrak
Penelitian ini bertujuan: Untuk Mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran inkuiriĀ terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 4 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dalam hal ini Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pembelajaran konvensional.