PENGARUH MEDIA MULTIPLY CARDS TERHADAP KEMAMPUAN PERKALIAN SISWA DI KELAS IV UPTD SD NEGERI 122332 PEMATANG SIANTAR
Kata Kunci:
Media Multiply Cards, Kemampuan PerkalianAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan Media Multiply Cards berpengaruh terhadap kemampuan perkalian siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 122332 Pematang SiantarĀ atau tidak berpengaruh. Terdapat 2 hipotesis pada penelitian ini, yaitu (1) terdapat pengaruh penggunaan Media Multiply Cards terhadap kemampuan perkalian siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar, dan (2) Tidak terdapat pengaruh Media Multiply Cards terhadap kemampuan perkalian siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimental design dengan menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Jumlah populasi ini adalah seluruh siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar yang berjumlah 100 siswa. Adapun yang dijadikan sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa pada kelas IV-B yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian test dan observasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil data diketahui bahwa thitung sebesar 16,69 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh Media Multiply Cards terhadap kemampuan perkalian di Kelas IV UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.