PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN DI UPTD SDN 122332 PEMATANG SIANTAR
Kata Kunci:
Media Pembelajaran Scrapbook, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Tema 8 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Pengembangan Teknologi Produksi Pangan Di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimental design dengan menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Jumlah sampel ini adalah seluruh siswa kelas III di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar yang berjumlah 26 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian test dan observasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil data diketahui ttabel sebesar 2,0687, thitung sebesar 19,366 signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Tema 8 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Pengembangan Teknologi Produksi Pangan Di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.