PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN DI UPTD SDN 122332 PEMATANG SIANTAR

Penulis

  • Dwi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Muktar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Yanti Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Scrapbook, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini  dilakukan  adalah untuk mengetahui pengaruh  Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Tema 8 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Pengembangan Teknologi Produksi Pangan Di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimental design dengan menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Jumlah sampel  ini adalah seluruh siswa kelas III  di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar yang berjumlah 26 orang siswa.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian test dan observasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil data diketahui ttabel  sebesar 2,0687, thitung  sebesar 19,366 signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Tema 8 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Pengembangan Teknologi Produksi Pangan Di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-04-28