PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 097325 BANDAR SIANTAR

Penulis

  • Yesica Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Muktar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Hasil belajar IPA

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen bentuk desain pre-experimental designs (nondesigns) dengan menggunakan rancangan “One Group Design Pretest-Posttest”. Berdasarkan penelitian dari data tes awal (pretest) diperoleh nilai rata-rata 56. Hal ini masih tergolong rendah dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diberikan perlakuan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Setelah itu diberikan tes akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata 84,3. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji N-gain score 0,6684 dan N-gain Persen 66,8383 sehingga N-gain dalam penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-04-28