PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 175771 SIARO

Penulis

  • Jimmi Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Bilangan bulat, discovery learning

Abstrak

Pembelajaran adalah suatu hal yang dilakukan untuk menguatkan pembangunan suatu bangsa dengan berbagai proses yang dilalui sehingga konsep atau ide yang membangun dapat tercipta dan tercapai seperti yang diinginkan secara tepat dan efektif. Pembelajaran yang masih sulit untuk dilaksanakan dan meningkatkan hasil pembelajaran siswa yaitu pembelajaran bidang matematika khususnya bilangan bulat. Penelitian ini akan dilakukan dengan melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV SD N 175771 Siaro sehingga dengan adanya model pembelajaran Discovery Learning ini mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa tersebut terhadap pembelajaran matematika khususnya materi bilangan bulat. Penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang ditunjukan dari siklus I sebesar 81,04 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 83,00. Ketuntasan hasil belajar siswa juga meningkat yaitu siklus I sebesar 65,38% dan siklus II sebesar 92,30%. Peningkatan ini menunjukan pemahaman konsep siswa pada materi bilangan bulat juga semakin meningkat.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-04-28